Membangun Ketangguhan Bersama dalam Menghadapi Ancaman Bencana

Link Banner

Ambon – Demokrasi Msluku ; Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Maluku (BNPB Maluku) mengadakan “Sosialisasi Keluarga Tangguh Bencana di Kota Ambon”, pada Kamis (31/8/2023) di Hotel Manise Ambon.

Acara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama para peserta ibu-ibu, tentang pentingnya membangun keluarga yang tangguh dalam menghadapi bencana.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Ir. Sadali IE, M. Si., IPU, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kehadiran semua peserta dalam acara ini.

Sekda Provinsi Maluku pada kesempatan itu menyoroti kontradiksi antara keindahan alam Maluku dengan potensi ancaman bencana yang kompleks, termasuk bencana geologi dan hidrometeorologi.

Sekda juga mengingatkan tentang sejarah bencana di Maluku, termasuk gempa bumi besar dan tsunami yang pernah melanda wilayah ini pada berbagai tahun. Ia menyoroti pentingnya memperkuat ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana, mengutip pernyataan bahwa “perang itu mungkin namun bencana itu pasti”.

Sekda menggarisbawahi hasil survey di Jepang yang menunjukkan bahwa keselamatan individu dalam bencana dimulai dari kesiapsiagaan diri sendiri dan keluarga.

Ia juga mengajak peserta untuk menjadi agen informasi dalam menyebarkan pengetahuan tentang penanganan bencana kepada tetangga dan komunitas.

Dalam acara ini, sekda juga memberikan apresiasi kepada penyelenggara dan peserta, khususnya para ibu-ibu yang menjadi motor keluarga dalam upaya membangun kesadaran dan kesiapan menghadapi bencana. Sosialisasi ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Ambon, tetapi juga akan dilanjutkan di kabupaten lainnya. (Diskominfo Maluku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *