Sekda Wakili Gubernur Hadiri Pertemuan Tahunan BI Cabang Maluku Tahun 2022

Link Banner

Ambon,Demokrasi Maluku : Perwakilan Bank Indonesia Cabang Maluku mengelar acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) dibawah sorotan tema tema ” Sinergi dan Inovasi memperkuat ketahanan dan kebangkitan menuju Indonesia Maju” merupakan kegiatan rutin tahun yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, bertempat di Hotel Santika, Rabu (30/11/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali IE, M.Si., IPU, Penjabat Walikota Ambon, Forkopimda, Perwakilan Bank di Maluku, dan tamu undangan lainnya.

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) merupakan puncak high level event Bank Indonesia yang telah diselenggarakan secara rutin sejak tahun 1969, Demikian disampaikan oleh Deputi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Lukman Hakim disela-sela acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2022.

Menurutnya, Agenda utama PTBI adalah penyampaian pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi dan arah kebijakan Bank Indonesia ke depan, serta penyampaian arahan Presiden Republik Indonesia mengenai kebijakan Pemerintah ke depan.

Pandangan dan arahan tersebut, lanjut Hakim, sangat ditunggu oleh para pemangku kepentingan dan akan menjadi referensi, khususnya bagi pelaku industri, investor dan kalangan dunia usaha dalam menentukan berbagai kebijakan maupun keputusan bisnis ke depan.

Dinamika perekonomian nasional sepanjang 2022 terus menunjukkan perbaikan meski disertai berbagai tantangan, Kata Hakim.

Dijelaskan lagi, berlanjutnya perbaikan ekonomi domestik tidak terlepas dari respons sinergi kebijakan yang kuat antara Pemerintah, Bank Indonesia dan otoritas terkait.
Sebab, bauran kebijakan nasional yang ditempuh untuk memitigasi dampak pandemi Covid-19 dan berbagai tantangan yang mengemuka telah mendorong optimisme bagi akselerasi pemulihan ekonomi Indonesia.

Perlu diketahui, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Maluku sejak tahun 2022 banyak melakukan kegiatan yang meningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masyarakat,jelas Hakim.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan & Arsip Daerah Gelar Raker

Sementara itu, Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn), Drs. Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pejabat Sekretaris Daerah Maluku, Ir. Sadali IE, M.Si., IPU mengatakan kegiatan ini merupakan forum yang baik dalam mengevaluasi perkembangan pertumbuhan ekonomi khususnya di Maluku disepanjang tahun 2022 serta Prospek Perekonomin di Tahun 2023.

Melalui tema kegiatan ini, lanjut Sadali, merupakan suatu hal yang sangat baik dalam situasi perkembangan pemulihan ekonomi saat ini.

Pertumbuhan ekonomi Maluku, kata Sadali perlu didukung sinergi yang kuat dari semua pihak baik dari Pemerintah Daerah, dunia usaha, akademisi dan pihak lain dalam mencetus terobosan baru agar dapat memaksimalkan momentum agar tercapai dalam visi dan misi Gubernur yaitu Maluku yang terkelola secara jujur,bersih dan melayani terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan .

Terkait persoalan pertumbuhan ekonomi dan persoalan inflasi yang telah disampaikan oleh Deputi perwakilan Bank Indonesia lanjut Sadali.
Ada tiga hal yang perlu disampaikan, stabilitas keuangan daerah dipandang cukup baik dengan berangsur-angsur perbankkan terjaga seperti penyaluaran kredit koperasi, UMP tumbuh positif, rasio kredit macet yang terjaga, stabilitas itu didukung dengan program elektronifikasi yang semakin masif.

Terkait inflasi Pemda berharap, sinergi dalam upaya pengendalian inflasi agar realisasi target realisasi dapat tercapai baik di tingkat Provinsi maupun sampai ke Kabupaten/Kota di Maluku, kata sadali.

Dikatakan lagi, pengembangan sector Industri juga dianggap penting karena dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat, UMKM juga perlu meningkatkan tingkat nilai jual beli yang semakin tinggi.

Optimalisasi anggaran 2 persen untuk pengendalian Inflasi, untuk meningkatkan inflasi dan harga barang yang stabil di Provinsi Maluku.

Meningkatkan produk local agar dapat mengurangi ketergantungan dengan provinsi lain, mendorong akreditasi digitalisasi daerah, dan perluasan digitalisasi sampai ke Kabupaten/Kota.

Baca Juga  Bupati Safitri Tinjau Puskesmas Rawat Inap Namrole

“ Kami atas nama masyarakat Maluku mengucapkan terima kasih kepada kantor Perwakilan Bank Indonesia Maluku beserta pihak dalam pemulihan ekonomi dalam pengembangan UMKM di Maluku”, tutup Sadali (DISKOMINFO MALUKU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *