Oktober 2022 Kota Ambon dan Kota Tual Alami Deflasi

Link Banner

Ambon, Demokrasi Maluku : Bulan Oktober 2022 Kota Ambon dan Kota Tual alami deflasi : Kota Ambon alami deflasi sebesar 0,12 persen dengan IHK 114,85 dan Kota Tual alami deflasi sebesar 1,23 persen dengan IHK sebesar 113,45, demikian press release BPS Provinsi Maluku yang diterima Redaksi Demokrasi Maluku,com (1/11/2022).

Menurut Asep Riyadi,S.Si.M.M, Kepala BPS Provinsi Maluku : Dari 90 Kota IHK Kota Ambon naik ke posisi 14, sementara Kota Tual turun ke pososi 36.

Inflasi bulanan Kota Ambon turun ke 46 dan inflasi tahun kalender turun ke posisi 63, inflasi tahun ke tahun turun ke 30.

Inflasi bulanan Kota Tual berada pada urutan 88 inflasi tahun kalender 89 dan inflasi tahun ke tahun 87.

10 komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga memberikan andil terjadi deflasi di Kota Ambon antaravp lain : kangkung, cabe rawit, ikan cakalang/ ikan sisik, bawang, hand phone cellular, sawi hijau, bayam, bawang merah, cabe merah, mangga dan kacang panjang.

10 komoditas utama yang mengalmi penurunan harga sehingga memberikan andil terjadi deflasi di Kota Tual antara lain : ikan tongkol/ikan ambu-ambu, ikan layang/ikan benggol, bahan vakar rumah tangga, ikan baronang, bawang nerah, ikan kembung, telur ayam ras, daging ayam ras, ikan bubara dan minyak goreng, dmikian Asep.(DM-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *