Pemuda ICMI Goes To Campus

Link Banner

Masohi, Demokrasi Maluku : Hari ini Selasa, 21 November 2023 Pemuda ICMI Maluku melakukan kegiatan Pemuda-ICMI Goes To Campus (Sharing Session II) yang diselenggarakan di Auditorium STKIP Gotong Royong Masohi.

Kegiatan ini mengangkat tema ” Pemuda Cendekiawan dalam Pembangunan Daerah “, dari tema ini tujuan yang diharapkan ialah pemuda dapat mengetahui arah pembangunan daerah kedepan. Karena yang menjadi Narasumber ialah Amrullah Usemahu, S.Pi.,M.Si (Alumni Award Alumni Beasiswa LPDP, Alumni Program JICA Jepang 2019, Alumni IVLP USA 2023, ASN Dinas Perikanan Maluku Tengah).


Amrullah Usemahu, S.Pi, M. Si selaku Narasumber dalam paparannya menyampaikan bahwa Elemen Pemuda dalam hal ini Mahasiswa harus mengambil peran untuk turut berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Usemahu menambahkan pada era globalisasi saat ini kita harus memperkuat IPTEK dan SDM sesuai dengan kebutuhan Jaman, dimana kini kita berada pada era Digitalisasi 4.0 seperti dengan pengembangan startup dengan teknologinya menyesuaikan karakteristik dan potensi daerah.

Selain itu mahasiswa harus terus meningkatkan kemampuan Jejaringnya sehingga dapat berinteraksi dengan banyak pihak dalam upaya memperkuat sinergitas dan kolaborasi program lintas elemen masyarakat atau komunitas.


SDM yang kuat, handal dan berkualitas serta kreatif maupun inovatif menjadi solusi bagi kita semuanya serta sebagai pilar kekuatan dalam peranan dan kepeloporan kepemudaan khususnya di Maluku Tengah.

Kegiatan yang di pusatkan kepada mahasiswa, karena mahasiswa adalah pemuda yang tercerahkan. pungkas Rusman Dani Rumaen (Sekretaris Pemuda ICMI Maluku).

” Kegiatan ini menjadi bagian dari kontribusi pikir, ide dan gagasan yang diusahakan oleh Pemuda ICMI Maluku karena generasi muda Maluku akan punya kesempatan atau peluang untuk memberikan perubahan dan perbaikan bagi pembangunan daerah”. Kata Rumaen.

Karena menurutnya menjadi mahasiswa itu harus proaktif dengan segala sesuatu yang bermanfaat untuk dirinya dan sekitarnya. Menjadi mahasiswa harus benar-benar mengikuti kegiatan ini karena akan diulas oleh pemateri kepada kalian bagaimana pembelajaran di Jepang dan US hubungannya IPTEK dan SDM yang harus dimiliki oleh pemuda.

Ketua STKIP Gotong Royong Masohi (Kalasum Selehulano, M.Pd) dalam kesempatan ini menyampaikan kepada pak PJ. Sekda Maluku Tengah Bahwa ” SDM Dosen di STKIP Gotong Royong Masohi mengalami peningkatan ada yang sekarang telah melanjutkan program doktor di 3 kampus berbeda. Secara akademik mahasiswa, kami banyak melakukan inovasi sehingga mahasiswa kami ada yg mengikuti kegiatan dan mendapat bantuan program dari LLDIKTI Wilayah XII dan Kemendikbud-Ristek bahkan dari IndoFood. Ini menandakan bahwa kami tida kalah bersaing dengan kampus-kampus di Maluku dan Maluku Utara. Hal ini dibuktikan dengan masuknya kami dalam 10 besar PTS terbaik di Wilayah LLDIKTI Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. Untuk itu, agar kami bisa mencapai yang lebih baik lagi kami membutuhkan kolaborasi dengan pemerintah daerah”.

Pelaksanaan kegiatan Pemuda ICMI Goes To Campus (Sharing Session II) Bapak Jauhari Tuarita, S.Pi (Ketua ORDA ICMI Maluku Tengah, PJ. Sekda Kabupaten Maluku Tengah) dalam menjadi Keynote Speech dengan judul ” Peran ICMI dalam Pembangunan Daerah”. Memberikan pengetahuan arah pembangunan Maluku Tengah kedepan sekaligus memberikan tantangan ke Pemuda ICMI Maluku.

Peran ICMI harus benar-benar di rasakan oleh masyarakat dengan kontribusi pikir ide dan gagasan. Soal pembangunan pendidikan dan perikanan pemerintah akan mendorong peningkatannya. Dalam menekan inflasi Pemuda ICMI perlu merumuskan ide dan gagasan bagaimana cara menekan inflasi melalui jalur pertanian dan juga di sektor lain. Saya dan pak PJ. Bupati hari ini berkolaborasi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 135 orang dan seluruh dosen serta pimpinan di di lingkup STKIP Gotong Royong Masohi. Yang membuka kegiatan ini yakni Ibu Kalasum Selehulano, S.PdI.,M.Pd selalu ketua STKIP Gotong Royong Masohi yang juga selaku bagian dari perempuan cendekiawan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *