Akibat Hujan Deras, Banjir Tahunan Kepung Pemukiman Warga Di Sekitar Danau Nama Ola Desa Buano Utara

Bancana106 views
Link Banner

 

Buano Utara -Demokrasi Maluku : Hujan deras yang berlangsung selama semalaman di Desa Buano Utara, Kecamatan Huamual Belakang, Kabupaten SBB, pada Rabu, (23/3/2022) menyebabkan Danau Nama Ola meluap.

Praktis dengan meluapnya Danau yang berada di tengah pemukiman warga itu, maka sejumlah rumah pemukiman warga menjadi tergenang air dengan ketinggian berfariasi, dimana air dihalaman rumah ada yang mencapai setinggi lutut orang dewasa, bahkan genangan air masuk sampai kedalam rumah- rumah warga..

Meski rumah warga mengalami kebanjiran, tetapi Mereka tetap bertahan, karena itu semua barang – barang berharga telah dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam, selain itu juga sambil tetap bertahan di rumah Mereka juga tetap memantau kondisi alam.

“Katong masih bertahan di rumah sambil melihat kondisi alam yang ada, untuk sementara mesin-mesin ( penyedot air) alkon sudau difungsikan oleh Tim Relawan, untuk membantu mengatasi luapan air yang ada.” kata Saleman Husemahu salah satu warga yang rumahnya terkena imbas luapan Danau Nama Ola tersebut.

Sebagai informasi, banjir yang terjadi di Desa Buano Utara tersebut adalah banjir langganan tiap tahun, karena itu warga berharap Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah untuk segera mengambil tindakan untuk mengatasi banjir tersebut warga Buano Utara tidak lagi mengalami kondisi tersebut pada setiap tahunnya.

Dari pantauan media ini hingga saat itu, hujan deras masih mengguyur Desa Buano Utara, sementara Warga yang berada di sekitar Danau masih terus bertahan dirumah masing- masing sambil melihat- lihat situasi, jika hujan masih terus turun dengan intensitas tinggi maka warga akan memilih untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.(Nicko Kastanja)

Baca Juga  Pasca Bencana Gelombang Tinggi Dan Angin Kencang Di SBT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *