BNPB Pusat Workshop Penyusunan Draft Nol Rencana Kontingensi

Link Banner

TIAKUR Demokrasi Maluku- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggelar Workshop Penyusunan Draft Nol Rencana Kontingensi Gema Bumi dan Tsunami di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Kegiatan berlangsung di Penginapan Golden Nusantara, Selasa (11/04/2023) pagi.

Dan dihadiri Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Pemda Kabupaten MBD, Simon Dahklory, OPD terkait Pemda MBD dan Stakholder lainya. Hadir pula Analis Bencana BNPB Pusat, Diannita Agustinawati.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Pemda Kabupaten Maluku Barat Daya, Simon Dahoklory, menuturkan Kabupaten MBD termasuk ancaman bencana tinggi dan resiko bencana sedang.

Kabupaten MBD dalam catatan BPBD Provinsi Maluku merupakan Kabupaten dengan ancaman multi resiko bencana tinggi dengan ruas area yang terancam sekitar 408,849 Hektar dengan terpapar penduduk sebanyak 38 orang per-Kilo meter bujursangkar.


Ini berarti tantangan Pemda dalam rangka membangun kesiapsiagaan dan ketingguan masyarakat dimasing-masing pulau untuk menghadapi multi bencana.

"Menjawab kebutuhan ini, maka Pemda MBD melalui BPBD MBD selain menguatkan penguatan kapasitas staf juga bersama stakholder lainya melakukan penyusunan dokumen rencana Kontingensi atau dokumen tanggap darurat bencana.

Tindakan ini merupakan upaya sosialisasi dan edukasi dalam membangun kesiapsiagaan dan ketingguan masyarakat di Kabupaten MBD dalam menangani gempa bumi dan tsunami," pungkasnya. (EM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *