by

Aroma Bau Busuk Di Kota Namlea, Akibat Tumpukan Sampah Di Hampir Seluruh Jalan Protokol

-Daerah-286 views
Link Banner

 
Namlea,, Demokrasi Maluku : Masyarakat Kota Namlea Ibukota Kabupaten Buru, setiap saat merasah resah dan mencium bau busuk disetiap sudut jalan baik itu jalan protokol / utama maupun pada sudut jalan menuju lingkungan masyarakat, akibat sejumlah titik sampah berhamburan di sudut jalan.
Salah satu tokoh Pemuda kabupaten buru berbicara, dengan hujan deras saat ini, tumpukan sampah yang acak-acak di dusudut jalan dan bau busuk yang merebah kota kabupaten yang mengakibatkan akan mendatangkan penyakit baru, kalau sudah katong diperhadapkan dengan penyakit Covid- 19, jang Katong menderita dengan penyakit bau busuk Lai dan dampaknya, akan mendatangkan penyakit yang baru lagi.
Mengenai ini Kata Tokoh Pemuda tersebut, Dulu / sebelumnya pengelola sampah Dinas Perumahan Dan Kawasan Pemukiman, namun setelah peralihan momen klatur / perobahan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH), sampah yang ditampung pada sejumlah titik di kota Namlea dalam kurun waktu 2 minggu tidak diangkat petugas Dari DLH, apakah sengaja dibiarkan dari dinas tersebut ataukah tidak ada anggaran untuk pembiayaan pengangkatan sampah yang sudah bau busuk itu ”Ungkapnya.
Saat dikompimasi DHL Kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah, Dwi Darma Tuanakota, ST Jumat 8/1 Mengatakan, membenarkan sejumlah tumpukan sampah yang ada di Kota Namlea belum diangkut / Angkat, karena sampah tersebut baru dilakukan peralihan perubahan dari Dinas Perumahan dan kwasan pemukiman ke tangan Dinas Lingkungan Hidup.
Ditambahkan Tuanakota, Dari sejumlah titik sampah yang tertumpuk itu adalah Sampah milik Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman yang belum dinaikkan sebelum layanan Dinas Kami yaitu DLH, walaupun demikian, Kami dari DLH akan siap mengangkan dan hari ini usai Jumat 8/1 Kami akan bergerak untuk mengangkatakan Sampah itu.Katanya.
Walupun belum ada anggaran yang tersedia untuk pengangkutan sampah tersebut Tambahnya, Kami punya kewajiban dan punya tupoksi untuk segera mengangkut sampah yang berada di titik –titik terpisah pada lokasi Depan rumah Ongko Tiong, Nametek, Jalan Baru, Depan Pendopo Wakil Bupati, Jalan menuju Mesjid Maula Ibrahim dan sejumlah sampah dititik lainnya.
Sekali lagi hari ini Jumat 8/1, Kami akan melaksanakan pengangkutan sampah- sampah yang sebelumnya dikelola oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, walaupun belum ada anggaran sampah yang ada pada Kami ”Tutur Tuanakota. (Adam KIat).

Baca Juga  Banjir Di Beberapa Titik di Kab Halmahera Barat -Prov Maluku Utara

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed