266 Mahasiswa IAIN Ambon di Wisuda

Ambon, Pendidikan99 views
Link Banner

Gubernur Maluku Harap Wisudawan Jadi Pelopor Kemajuan Masyarakat

AMBON, Drmokrasi Maluku Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana ke-25 dan Magister ke-16 Periode II serta Dies Natalis ke-16, di Auditorium IAIN Ambon, Kamis, (29/12/2022).

Dalam sidang senat yang dipandu Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin itu, mewisudakan sebanyak 266 wisudawan. Ratusan lulusan itu terdiri dari 25 orang dari Program Pasca Sarjana, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 72 orang, 155 orang dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sebanyak 114 orang.

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, IAIN Ambon sebagai kampus kebanggaan umat Islam di Maluku, diharapkan mampu mengembangkan kemampuan melalui iman dan taqwa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling menyempurnakan sehingga lahir lulusan yang memiliki keunggulan komparatif di bidang masing-masing.

“Saya mengharapkan semua wisudawan dapat mengambil peran dalam proses pembangunan sesuai bidang keilmuan dan potensi yang dimiliki. Jadikanlah diri Anda sebagai pelopor kemajuan masyarakat,” kata Gubernur.

“Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat,” kata Gubernur.

Kepala daerah menjelaskan sebagaimana pesan Al-Qur’an dalam Surat Al-Mujadalah ayat 11 : Allah SWT akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu. Para wisudawan pun diingatkan Gubernur untuk tidak berhenti belajar.

“Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat,” jelas Gubernur.

Gubernur lalu memberikan apresiasi dan dukungan seluruh civitas akademika IAIN Ambon atas perjuangan untuk pengembangan lembaga menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

“Semoga proses alih status yang menjadi harapan kita semua dapat segera diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Gubernur.

“Kepada para orang tua beserta keluarga, saya ucapkan selamat karena telah bekerja keras untuk mendukung kesuksesan anak-anak hingga mencapai jenjang pendidikan tinggi,” tutup Gubernur.

Ditempat yang sama, Rektor IAIN Zainal Abidin Rahawarin dalam laporan akademiknya mendoakan para lulusan yang telah dikukuhkan dalam pelaksanaan wisuda hari ini, terus menambah jumlah alumni IAIN Ambon di masyarakat, untuk terlibat dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“Dan di sisi lain, meskipun dalam kondisi krisis seprti pandemi Covid-19, minat masyarakat mengirim anak-anaknya untuk studi disini tetap tinggi. Dan jumlah mahasiswa yang studi di IAIN Ambon mencapai 6602 mahasiswa,” ujar Rektor.

Rektor kemudian menyampaikan terima kasih kepada Gubernur yang telah banyak membantu IAIN Ambon sebagai bentuk komitmen terhadap pengembangan SDM di Provinsi Maluku, juga kerjasama dalam berbagai program pengembangan akademik dan kelembagaan.

Rektor juga menjelaskan mengenai pelaksanaan perubahan dan peningkatan kualitas akademik selama dua tahun terakhir, diantaranya pembukaan Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam, pembukaan tiga prodi pascasarjana dan empat prodi strata satu, akreditasi institusi dan membiayai proses akselerasi guru besar di lingkungan IAIN Ambon untuk menambah jumlah guru besar yang telah ada.

“Juga meningkatkan networking dengan berbagai lembaga penyediaan sarana dan prasarana serta proses alih status IAIN menjadi UIN Ambon,” tutup Rektor.

Sidang senat dihadiri, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdani, S. Tp, M.T, Sekda Maluku Sadali Ie, Kadis Pendidikan Maluku Insun Sangadji, civitas akademika dan undangan lainnya. (BIRO ADMINISTRASI PIMPINAN SETDA MALUKU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *