Gubmal Buka Temu Penyuluh Pertanuan se Maluku

Link Banner

Ambon, Demokradi Maluku : Bidang pertanian, memiliki peranan penting,, sehingga membutuhkan berbagai strategi untuk meningkatkan produksi termasuk penguatan sumber daya manusia dan penggunaan teknologi.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail ketika membuka Temu Penyuluh Pertanian se-Provinsi Maluku Tahun 2022, bertempat di gedung Aula Balai Diklat Pertanian provinsi Maluku dikawasan Waiheru Ambon , Senin (19/12/2022).

Kegiatan yang mengusung tema”
Mewujudkan sumber daya manusia pertanian yang profesional, kreatif, mandiri dan berprestasi” ini dihadiri oleh Forkopimda, anggota DPRD Maluku, Sekda Maluku Ir Sadali Ie, Istri Gubernur Maluku Widya Pratiwi Murad , Para Bupati/Walikota Kadis pertanian Maluku Ilham Taudah para pimpinan OPD , serta undangan lainnya .

Sehubungan dengan itu ada tiga hal penting yang ingin saya sampaikan kepada penyuluh semuanya pertama saya menyambut baik kegiatan ini , sebagai langkah kolaboratif antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota se Maluku bersama -sama dengan para penyuluh pertanian yang merupakan garda terdepan pembangunan pertanian.

“Kedua saya menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh penyuluh pertanian yang dengan segala keterbatasan di daerah terus berkarya, memajukan sektor pertanian serta mengajak para penyuluh untuk terus mengasah pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Untuk itu saya mengharapkan kepada bupati/walikota yang telah di kukuhkan sebagai komando strategis pembangunan daerah untuk mendukung penguatan sumber daya manusia penyuluh pertanian, pengamat, organisme penganggu tanaman pertanian, pengawas peternakan di bumi raja – raja ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Dr Ilham Taudah dalam laporannya mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan pa Gubernur, sehingga bisa terselenggara acara penyuluh pertanian.

Dijelaskan temu Penyuluhan bertujuan konsolidasi dan silaturahmi Penyuluh pertanian se- provinsi Maluku , koordinasi Maluku intergrasu Parmin yang telah di canangkan oleh pa Gubernur , penguatan kemandirian pangan daerah serta dukungan duta stanting di Maluku.

Baca Juga  Empat Raja Rehenshaf Siap Menjemput Bupati Dan Wakil Bupati Bursel Di Namrole

Selanjutnya kegiatan ini sebagai ajang bertukar informasi dan pengetahuan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia bidang pertanian.temu Penyuluh pertanian di ikuti oleh 300 orang yang hadir secara langsung dan 746 orang penyuluh mengikuti secara online kabupaten/kota se- provinsi Maluku.

Selain itu temu Penyuluh kali ini dirangkaikan dengan beberapa kegiatan antara lain peningkatan kapasitas penyuluh pertanian,pengukuan bupati/walikota sebagai ketua komando strategis pembangunan pertanian daerah oleh pa Gubernur sebagai ketua komando strategis pembangunan pertanian wilayah .

Penandatanganan kerjasama pembelian kedelai PT Kedelai Untuk Raya dengan kabupaten/kota , penyerahan sertifikat kompetensi siswa IPSDA Maluku , penyerahan biaya operasional Penyuluh tahun 2023, penyerahan buku organik penyuluh pertanian teladan kota Ambon, penyerahan sertifikat bagi para penyuluh ladang provinsi Maluku tahun 2022.”ungkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *