150 Calon Bintara Polri Di Lantik Kapolda Maluku

TNI POLRI105 views
Link Banner

Kapolda Minta Jangan Lakukan Perbuatan Tercela

Ambon, Demokrasi Maluku : Kamis (07/07/2022) sebanyak 150 calon Bintara Polda Maluku gelombang I tahun 2022, dilantik menjadi Brigadir Dua (Bripda) oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, berlangsung di Lapangan Tahapary Polda Maluku Kawasan Tantui, Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Kapolda Maluku ketika membaca sambutan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Ka Lemdiklat) Komjen Pol Rycko Amelza Daniel mengemukakan, “kita semua patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha kuasa, karena acara penutupan dan pelantikan ini, dapat berjalan dengan baik”.

Dengan dilaksanakannya upacara saat ini pertanda telah berakhir semua kegiatan pembentukan bintara dan tamtama gelombang I tahun 2022, yang diselenggarakan di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Polair dan 29 SPN Polri yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selanjutnya dikatakan, yang dididik dalam pembentukan bintara gelombang I kali ini, sebanyak 11.936 polisi laki dan 304 polisi, wanita.

Dengan demikuan, jumlah personil Polri semakin bertambah, dengan demikian penegakan hukum dan pelayanan kepada masyarakat akan semakin maksimal dan baik.

“Saya ucapkan selamat bagi para Bintara dan Tamtama yang telah diangkat sebagai anggota Polri”.

Saat ini pada diri saudara telah melekat tugas sebagai bayangkara negara, yang bertugas mengayomi dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat juga perlindungan hukum yang adil.

“Ingat amanah ini, harus dijunjung tinggi dan dilaksanakan dengan sepenuh hati jiwa”.

Setelah ini, “kalian akan ditempatkan pada Polda-Polda yang ada di seluruh Indonesia, dan akan menjadi garda terdepan, yang langsung berhadapan dengan masyarakat, untuk itu satukan tekad dan semangat, motivasi diri tanpa henti”.

Berikan dharma bakti yang terbaik kepada institusi polri, masyarakat dan negara.

Baca Juga  HUT TNI Ke 76 Pemda Bursel , Makodim 1506 & KNPI Gelar Vaksinasi

Dhaniel juga mengucapkan selamat kepada para orang tua, yang putra putrinya telah menjadi angggota Polri. Keberhasilan putra-putri, karena doa orang tua, teruslah memberikan spirit bagi putra-putri bapak/ibu agar mereka dapat mengemban tugas sebagai bayangkara negara.

Pelantikan ini bukan akhir dari perjuangan tetapi awal dari pengabdian bayangkara muda yang akan terus berkarya untuk Polri.

Selanjutnya dikatakan, ada lima pesan yang dititipkan pimpinan pusat untuk dipedomani dan dijalankan ; pertama : tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan. Kedua ; pegang teguh dan amalkan nilai nilai Tri Brata dan Catur Prasetya dalam melaksanakan tugas. Ketiga ; harus santun, bangun komunikasi positif dan bangun hubungan baik dengan TNI dan pemerintah serta tingkatkan pengembangan diri, kelima ; polisi adalah kita, kita adalah polisi, maka jadilah sosok panutan dan teladan serta selalu melindungi masyarakat dengan hati yang mulia.

Jangan Lakukan

Usai membaca amanat Kapolda Maluku tak lupa berpesan kepada para bintara remaja, jangan sakiti hati rakyat,jadilah polisi yang protagonis bukan antagonis,selalu ada untuk rakyat, katanya

Kalian masih bertugas 40 tahun ke depan, dengan gaji pokok 2,1. juta ditambah dengan remunirasi, itu berarti pendapatan sebulan 4 juta lebih.

“Itu pilihan saudara, karena itu cukupkan diri dengan apa yang ada, jangan lakukan perbuatan tercela, agar jangan bertugas setahun kalian di pecat atau bertugas lima tahun, kalian dipecat”,

“Kalian telah berjuang dengan susah payah, karena itu lakukan tugas dengan baik dan benar, demi kehormatan institusi Polri., ” demikian Kapolda.

Dalam acara tersebut juga diumumkan para lulusan terbaik untuk tiga kategori yakni : aspek intelgensia yang diraih oleh M.Rizky Tuasamu berasal dari Madrasah Alyah Kota Ambon, aspek mental terbaik diraih oleh Yonri Erasmus Ririhatuela, berasal dari SMA 5 Ambon, aspek fisik terbaik diraih Rahmad.F.Rumain Madrasah Aliyah SBT.

Baca Juga  Kogabwilhan III : Butuh Kerja Keras Untuk Sukseskan PON XX Papua*

Usai pelantikan Kapolda Maluku meminta dua bintara yatim piatu dan satu bintara yang orang tua tak menghadiri acara pelantikan untuk maju ke depan.

Kapolda langsung turun dari podium dan mengucapkan selamat kepada ketiga bintara tersebut, yang dilanjutkan dengan menyapa dan menyalami para bintara lainnya beserta orang tua dan keluarga mereka.

Terlihat suasana haru dan tangis bahagia para orang tua, keluarga dan handai taulan.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Provinsi Maluku juga Ketua DPRD Maluku Drs.Lucky Wattimury dan undangan lainnya. (D-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *