Distan Bursel Gencot Bawang Merah Di Desa Waelikut

Daerah1,264 views
Link Banner

NAMROLE, Demokrasi Maluku : Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buru Selatan yang dipimpin, Kadis Pertanian, Idris Loilatu, SP,MSi Menggelar panen perdana sekaligus Menggencot hasil pertanian bawang merah di Desa Waelikut Kecamatan Waesama Kabupaten Bursel, Sabtu 18 Desember 2021.

Pengembangan program tanaman Holticultura untuk penanaman Bawang Merah yang di bentuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa tersebut seluas kurang lebih 1 Hektar dengan hasil panen kurang lebih menghasilkan 4 ton, sementara tanaman Cabe/ Cili dari tanaman Gapoktan dalam waktu dekat hasilnya di panen, sekaligus Kadistan menyerahkan bantuan kepada Gapoktan berupa 5 Unit Haed Speyer dan Obat- Obatan,.

Kepada Wartawan, Kadistan Bursel, Idris Loilatu Mengatakan, Kegiatan tanaman Holticultura bukan saja dilperuntuhkan untuk kecamatan Waesama, akan tetapi menyeluruh untuk 5 Kecamatan lainnya, hal ini dilakukan untuk dapat menjawab program visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati” Tuturnya.

Untuk menjawab Program kerja Bupati dan Wakil Bupati Bursel Kata Loilatu, Pemda setempat akan membantu 1000 tenaga kerja wanita mandiri dan 5000 tenaga kerja pria dalam waktu 5 tahun kedepan, ini juga dilakukan untuk dapat menjawab program Distan Bursel dengan Motto, Wone Valege Wone komoditi yakni, 1 Desa 1 komoditi.

Program Holticulturan yang di peruntuhkan untuk 5 Kecamatan Lainnya atas permintaan Gapoktan dengan Rincian Kadistan Diantaranya, Untuk Kecamatan Ambalau Holticultura Ubi Jalar, Leksula Bawang Merah, Fena Fafan Kentang dan Bawang Putih, Kapala Madan.

Benih Kacang Ijo sedangkan untuk Kecamatan Namrole berupa benih Sayur- Sayuran dan Bawang merah” Tutup Kadistan Bursel.(AK)

Baca Juga  Lepas Sambut Dandim 1506/ Namlea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *