by

Huwae : Ny. Widya Terima Anugerah Manggala Karya Kencana Secara Virtual di SBB

-Ambon-147 views
Link Banner

Dinilai memiliki prestasi, dedikasi, dukungan, dan komitmen terkait program-program pengembangan Keluarga Berencana di Maluku, Widya Murad Ismail menerima penghargaan Anugerahi Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Anugerah tertinggi di BKKBN itu, diserahkan Kepala BKKBN Pusat Hasto Wardoyo secara virtual kepada Widya Murad Ismail, Senin (28/06/2021), di lantai 2 Kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB) didampingi Bupati SBB, Muhammad Yassin Payapo dan Kepala BKKBN Maluku, Renta Rego, serta Pengurus TP PKK Maluku.

“Saat ini, Ketua TP PKK Provinsi Maluku, ibu Widya sementara kunjungan kerja ke Pulau Seram (Kabupaten Seram Bagian Timur dan Seram Bagian Barat), makanya beliau menerima penghargaan tersebut di Kantor Bupati SBB,” kata Kepala Dinas Kominfo Provinsi Maluku, Semmy Huwae kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku.

Huwae menjelaskan, dedikasi dan kecintaan Widya Murad ismail untuk masyarakat Maluku tidak perlu diragukan.

“Bayangkan, Maluku ini terdiri dari kepulauan namun seluruh kabupaten dan kota telah didatangi beliau, ini harus diapresiasi,” katanya lagi.

Saat berada di Kabupaten SBB, Widya Murad Ismail mengunjungi Desa Kamal Kecamatan Kairatu Barat. Di Desa Kamal, Widya Murad mengunjungi Pos Yandu khususnya kelas ibu hamil.

Setelah dari Desa kamal, Widya dan rombongan menuju Desa Piru  dan singgah di PAUD Negeri Piru, dilanjutkan dengan mengisi acara Bunda PAUD Bercerita, pelantikan Bunda PAUD SBB serta lakukan monitoring dan evaluasi stunting.

Seluruh rangkaian kegiatan Widya Murad Ismail diakhiri dengan dialog Mangente Negeri Saka Mese Nusa dan Penyerahan Bantuan dari Duta Parenting Maluku.

Program kerja pemberantasan stunting oleh Widya Murad Ismail dianggap nyata dan luar biasa, serta sangat menginspirasi daerah lainnya di Indonesia.

Baca Juga  Dorong Inovasi Teknologi, Pemprov Maluku Dukung Gerakan 1000 Startup Digital*

Program ini pun sejalan dengan paradigma program Keluarga Berencana, sehingga bukan saja berhasil menurunkan preverensi tingkat stunting di Maluku, juga berhasil mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana serta pembangunan keluarga di Provinsi Maluku.

Sebelumnya,  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Renta Rego, Minggu (27/06/2021), menjelaskan, jika Widya Murad Ismail akan menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana pada Senin besok, tanggal 28 Juni 2021. Rencananya beliau akan menerima penghargaan ini secara virtual,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku, Renta Rego.

Istri Gubernur Maluku ini kata Renta mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana berdasarkan Surat Keputusan Kepala BKKBN Nomor 71/KEP/G2/2021tentang Penerima Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, dan Cipta Karya Kencana tahun 2021.

”Anugerah Manggala Karya Kencana diberikan BKKBN kepada mereka yang dinilai memiliki prestasi, dedikasi, dukungan, dan komitmennya terkait program-program pengembangan keluarga berencana di wilayahnya,” jelas Renta.

Renta mengatakan salah satu keterlibatan Widya Murad Ismail adalah bersama BKKBN menyikapi tingginya kasus stunting di Maluku.

Sebagai Duta Parenting Maluku, Widya dianggap berhasil menekan angka preverensi stunting di Maluku, dimana tahun 2020 angka stunting berhasil turun menjadi 15,8 persen, dari 34,2 persen  di tahun 2018.

“Ibu Widya dinilai punya dedikasi dan komitmen yang tinggi. Saat kunjungannya sebagai Duta Parenting Maluku ke daerah-daerah, beliau juga selalu memberikan edukasi berkaitan dengan keluarga berencana kepada masyarakat,” ungkapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed