SMK 3 Ambon Gelar Job Fair, Expo & Reun Akbar i

Pendidikan42 views
Link Banner

Ambon, Demokrasi Maluku : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Ambon menggelar kegiatan JOB FAIR dan EXPO SMK Negeri 3 Ambon sekaligus Reuni Akbar dan pelantikan Ikatan Alumni STM Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Ambon yang berlangsung di halaman sekolah SMK N 3 Ambon Waiheru ,Kecamatan Teluk Ambon, Kita Ambon Provinsi Maluku, Rabu (15/11/2023).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Maluku yang diwakili Kepala Bidang GTK, Paula Tahapary, M.Si, saat membacakan sambutan mengatakan, Pendidikan mempunyai peran yang sangat besar dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengolah sumber daya alam yang ada guna mempertahankan kelangsungan hidup serta meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Lembaga pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan memiliki tujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang tertentu. Hal tersebut dilakukan agar para lulusannya kelak dapat memasuki dunia kerja dan menjadi tenaga kerja yang kompeten di bidangnya.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan lulusan siap kerja. Tenaga kerja yang dihasilkan diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja.

Tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan keahlian di bidangnya turut andil dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Hal ini menjelaskan bahwa SMK juga berperan dalam mewujudkan pembangunan nasional dengan menyiapkan tenaga kerja dengan keterampilan dan keahlian tertentu. Untuk menghadapi persaingan yang tinggi, lulusan SMK harus mampu bersaing dengan berbagai lulusan dan institusi lain.

Oleh karenanya, SMK Negeri 3 Ambon yang merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan, diharapkan memiliki visi untuk menggerakkan sekolah lainnya agar mampu meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik.

Mampu mengembangkan pendidikan kejuruan yang semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia kerja. Bisa menjadi pendukung kearifan/keunggulan lokal pada sektor pembangunan ekonomi tertentu atau mendukung kebijakan pemerintah dengan kekhususan lainnya sehingga dapat meningkatkan jumlah lulusan SMK yang memperoleh pekerjaan dan berwirausaha.

Menyangkut pelaksanaan Job Fair/Expo SMK Negeri 3 saat ini, perlu kembali saya tegaskan Peta jalan pendidikan vokasi sedang berjalan. Semangatnya bukan berangkat dari apa yang disediakan institusi pendidikan (supply).

Tujuan tersebut memastikan agar lulusan vokasi jangan menjadi penyumbang angka pengangguran. Keberhasilan SMK salah satunya dapat diukur dari kemampuan lulusannya untuk mengisi peluang kerja, baik di perusahaan, instansi maupun menciptakan lapangan kerja sendiri (wiraswasta).

saya menyambut baik pelaksanaan Kegiatan Job Fair/Expo SMK Negeri 3 Ambon. Saya maknai kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar SMK Negeri 3 Ambon dalam menjawab tanggung jawabnya moril dan tanggung jawab institusi pendidikan kejuruan apalagi SMK Negeri 3 Ambon merupakan salah satu SMK unggulan di daerah ini.

Apalagi kegiatan Job Fair ini disatukan dengan Reuni Akbar, suatu langkah yang sangat taktis yang dilakukan oleh pihak sekolah. Semoga apa yang diikhtiarkan oleh Ibu Kepsek, Ibu Nur Alydrus beserta seluruh civitas akademik SMAN 3 Ambon dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

Pada kesempatan ini pula saya sampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada para pimpinan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang hadir saat ini, terima kasih atas kerja sama dengan Siswa-Siswa SMK Di Ambon pada khusunya dan Siswa-Siswa SMK Di MAluku Pada Umumnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Ambon, Nur Alydrus dalam sambutannya menyampaikan, latar belakang kegiatan JOB FAIR dan EXPO SMK Negeri 3 Ambon adalah Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Vokasi Ke- mendikbud Ristek Nomor: 18/0/2023, tentang: Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelak- sana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan Tahap I Tahun 2023.

“Alhamdulillah SMK Negeri 3 Ambon termasuk dalam SMK Pusat Keunggulan Skema Reguler Lanjutan Tahap I Tahun 2023, dimana dalam SMK Pusat Keunggulan ini, salah satu kegiatannya adalah kegiatan JOB FAIR,” Jelasnya.

Menurutnya, Tracer Study dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Negeri 3 Ambon berupaya turut serta memperpendek rentang waktu dengan cara membina dan memfasilitasi siswa dan alumni, agar memilki bekal diri yang cukup untuk memasuki pasar dunia kerja melalui kegiatan JOB FAIR ini, yang bertujuan untuk mempertemukan alumni dan para pencari kerja dengan Penyedia Lowongan Kerja.

Ia menambahkan, kepercayaan Pemerintah Pusat untuk menjadi- kan SMK Negeri 3 Ambon sebagai Sekolah Pusat Unggulan Skema Lanjutan I 2023 ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, namun dengan usaha dan kerja keras, kemudian di- dukung dengan pencapaian target baik guru produktif maupun guru bidang studi adaptif dan normatif.

“Di sisi lain, instansi terkait atau dunia industri dan dunia kerja yang ada, terus berupaya untuk melakukan kerjasama. Intinya, kita harus memiliki kualitas di atas standar. Alhamdulillah Syukur, SMK Negeri 3 Ambon melampaui syarat dimaksud,” Ungkapnya.

Pada Kegiatan JOB FAIR Ini SMK Negeri 3 Ambon ini mendatangkan 10 Industri dan Nakertrans sebagai Lemabaga Pemerintah yang memberikan Informasi terkait dengan Pencari Kerja.

“Karena para siswa SMK outputnya itu langsung ke industri bukan melanjutkan ke perguruan tinggi, sehingga harapan kami bahwa pada saat siswa itu keluar/lulus dari SMK Negeri 3 Ambon ini langsung diserap oleh dunia industri, oleh karena itu saya mengajak semua siswa/i SMK Negeri 3 Ambon untuk Kembangkan Bakat, Gali Potensi Dirimu yang Terpendam, Raih Masa depanmu yang Gemilang,” Tuturnya.

Untuk diketahui dalam kegiatan Job Fair dan Expo SMK Negeri 3 Ambon juga dilakukan penandatanganan MuO dengan 7 dunia usaha dan dunia industri yang selama ini sudah bekerja sama dengan SMK Neg 3 Ambon dalam Menyerap Lulusan SMK dalam bekerja dan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *