GUBERNUR MI JADI PEMBINA UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-62 TAHUN 2023 DI MALUKU

Ambon6 views
Link Banner

Ambon – Demokrasi Maluku : Gubernur Maluku selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023, yang berpusat di Lapangan Merdeka Ambon, pada Jumat (29/9/2023).

Upacara tersebut dihadiri oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku Widya Pratiwi Murad beserta jajaran, Pimpinan Kwartir Cabang dan Ranting, Pengurus Mabida dan Gugus Depan Pramuka Siaga, Pembina-Pelatih di Pusat-Pusat Pendidikan dan Latihan, Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, beserta unsur lainnya.

Dalam Sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen. Pol (Purn.) Drs. Budi Waseso yang dibacakan Ketua Mabida, menyampaikan bahwa segenap anggota Gerakan Pramuka yang ada di seluruh Indonesia merasa bahagia dan bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 tahun, pada tahun ini sekaligus kita memperingati 111 tahun keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

“Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Alloh Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program- program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.” Ujarnya.

Ia juga menjelaskan, tema utama peringatan Hari Pramuka Ke-62 pada tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”, menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan.

“Di samping itu, Wawasan Kebangsaan Juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara; terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan Kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.” Terangnya.

Ia mengatakan, harus diakui, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas. Untuk itu, saya berharap bahwa kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan Kualitas Gugus depan yang berada di wilayah masing-masing.

Pada tahun ini juga, ujarnya, akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh. Mari kita bersama-sama untuk mendukung serta mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut.


“Pemilihan Ketua DKN dan Ketua Kwarnas jangan dijadikan ajang seperti pemilihan dalam kaitan politik praktis; justru kita hendaknya tetap mengutamakan persahabatan dan persaudaraan sesuai dengan Kode Kehormatan kita, yaitu Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Ingatlah bahwa sesungguhnya Kita semua adalah bersaudara, dan apabila terdapat masalah internal hendaknya cukup diselesalkan di antara kita sendiri.” Tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, dirinya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Presiden dan Wakil Presiden RI selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional dan Wakil Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI, Kapolri, Semua pejabat negara di tingkat pusat; para Gubernur, Walikota, Bupati dan Camat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah, Majelis Pembimbing Cabang dan Majelis Pembimbing
Ranting, para Pembina Gugus Depan di mana saja, dan semua pihak yang telah turut serta membantu mengembangkan Gerakan Pramuka dapat lebih baik dan maju.

“Khusus kepada para Ketua, Waki Ketua, dan anggota Majelis Pembimbing di semua tingkatan, saya berharap kiranya terus dapat memberikan bimbingan serta bantuan, baik secara moril maupun materil dalam rangka memajukan Gerakan Pramuka.” Harapnya.

Dirinya tak lupa juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para orangtua yang telah mempercayakan anak-anakya untuk dididik dalam Gerakan Pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka yang kita
cintai bersama.

Pada kesempatan itu juga, turut dilakukan Pemberian Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka, yang diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 096 Tahun 2023 dan Surat Keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Nomor 08 Tahun 2023.

Untuk diketahui pada kesempatan itu juga turut diserahkan piagam penghargaan kepada Ketua serta para Wakil Ketua Mabida Gerakan Pramuka Maluku.

Sementara itu berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 096 Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Lencana Darmabakti, ada 3 orang penerima dari Kwarda Maluku, yakni Widya Pratiwi Murad selaku Ketua Kwartir Daerah, Agustinus Kilikily selaku Waka Mabicab Maluku Barat Daya, dan Forbes Tipak selaku Wakil Sekretaris Kwarcab Maluku Barat Daya.

Sementara itu berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Nomor 08 Tahun 2023 ada sebanyak 35 orang yang menerima penghargaan tersebut. (Diskominfo Maluku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *