Pengelolaan Sampah, APSI Siap Dukung Pemkot Ambon

Ambon52 views
Link Banner

AMBON, Demokradi Maluku : ASOSIASI pengusaha sampah Indonesia (APSI) menghadiri acara peresmian pabrik pengolahan sampah di Negeri Hutumuri, Kecamatan Letisel kota Ambon- Maluku, bersama PT Milon Limba dan USAID CCBO,Jumat (26/05/2023)

Kehadiran Ketua APSI di kota Ambon adalah menghadiri undangan rekanan perusahan yang menjalin kerjasama dimaksud.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), Saut Marpaung kepada awak media menyatakan suatu kebanggan dapat hadir di Kota Ambon jadi orang Batak datang ke Ambon ingin berkolaborasi mendukung pengelolaan sampah plastik di sini.

Dirinya juga sempat membagikan pengalamannya menjadi seorang pengusaha yang telah bergelut hampir 15 tahun dalam mengelola sampah, tentu banyak sisi positif maupun negativnya tergantung bagaimana cara pandang kita dalam mengelolanya sehingga dapat menjadi barang yang berharga dan berkualitas.

“Saya pribadi sudah hampir 15 tahun terjun di dunia pengusaha sampah plastik ini,mulai dari daur ulang sampah plastik menjadi biji plastik untuk selanjutnya dipasarkan kembali, usaha saya hanya sebatas biji plastik saja, nanti setelah dijual lagi tentu akan diolah menjadi bahan plastik yang berkualis seperti plastik kresek dan lainnya,” ungkap Marpaung

Dalam hal mendapatkan sampah plastik, akui Marpaung, pihaknya melakukan kerjasama dengan para pengumpul dan jemput bola langsung di tempat artinya sampah yang dibeli langsung diambil di tempat pengumpul tanpa harus datang ke tempat mereka.

“Dalam sehari kita butuhkan hamir 7 ton sampah plastik untuk diolah menjadi biji plastik dan cara kita adalah jemput bola maksudnya adalah sampah plastik milik pengumpul kita yang langsung mbil di tempat tanpa harus mereka datang ke kita dan harga yang dipakai juga lumayan besar,” tuturnya

Dalam mengelola sampah memang dibutuhkan orang- orang yang memiliki loyalitas dan etos kerja yang tinggi serta disiplin agar dapat mencapai target pengelolaan yang ditentukan.

Dari pengalamanya tersebut, besar harapannya dapat berkolaborasi bersama dengan Pemerintah kota Ambon dalam hal ini Wali kota dan seluruh jajarannya baik Pimpinan OPD maupun stake holder terkait lainnya untuk bersama dapat membangun sekolah sampah yang baik bertanggungjawab di Kota Ambon.

Sekiranya, bila rencana kerjasama ini dapat berjalan paling tidak akan menyerap tenaga kerja lokal sekaligus ada sebuah gerakan besar yang hebat untuk mengurangi jumlah sampah plastik di kota ini.

“APSI akan tetap mendukung itu semoga ini akan tercapai dalam beberapa tahun ke depan bukan hanya di Kota Ambon tapi ini adalah awal yang baik lalu akan menyebar ke kota/kabupaten lainnya.sehingga provinsi Maluku bisa mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan,” tutup Marpaung singkat. ()

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *