Amarima Hatuhaha Buru Selatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad.

Link Banner

NAMROLE, Demokrasi Maluku : Keluarga besar Amarima Hatuhaha yang berada di Namrole, Ibukota Kabupaten Buru Selatan (Burse) memperingati Maulid besar Nabi Muhammad SAW 29 Rabiul Awal 1444 Hijiriah, berlangsung di Gedung Serbaguna Selasa Malam 25/10 Tahun 2022.

Amarima Hatuhaha terdiri dari lima Negeri yang berada di Pulau Haruku (HATUHAHA) diantaranya, Haturesy (Hulaliu), Matasiry (Pelau), Sahapory (Kailolo), Samasuru (Kabau) dan Mandalise (Rohomoni) dan sejajarah mencatat bahwa Hatuhaha tampa HATURESI itu bukan HATUHAHA.

Sejarah juga mencatat bahwa, 5 Negeri ni merupakan ikatan satu rahim adik dan kaka, yang di ikat dalam ikatan serta memperkokoh Maningkamu Amarima Hatuhaha, peringatan tersebut menampilkan, Tarian Hadrat, Sawad, Zhamra/Dinding badinding, membaca rawi, Berzikir dan sejumlh kegiatan lainnya.

Sekapur sirih yang dibawakan Hi Achmad Sahubawa, SE, M.Si Menuturkan, Mari katong samua menghormati, Kuru Haji, Upu Ana, Malamae, dan Lewana Marua, selanjutnya kegiatan peringatan Nabi Besar Kita Muhammad SAW hari ini merupakan, Manifestasi dan rasa syukur kepada junjungan kita Nabiullah Muhammad SAW yang telah mepersatuhkan dan mengangkat deraja kita semata untuk memperkokoh Maningkamu.

Bupati Kabupaten Bursel, HJ Safitri Malik Soulisa dalam sambutan yang diwakili, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hi Ibrahim Banda Mengatakan, Peringatan Maulid Nabi Besar Kita Muhammad SAW tiap tahun dilaksanakan merupakan hari Yang Agung, karena hadirnya Rasulullah Muhammad SAW di pemukaan Bumi ini sebagai cahaya yang menerangi kehidupan manusia.

Selain itu juga Kata Banda, momentum ini hendaknya menjdi pengingat bagi kita untuk menyebarkan pradigma islam sebagai Rahmatan Lil Alamien dengan arti, manapun kita berada hendaknya mampu berbagai rahmat dan manfaat di lingkungan sekitarnyaā€¯ Ujar Asisten II.

Mengakhiri Kegiatan Maulid, Al Ustaz ILham M Dalam siraman Rohani Mengatakan, Peringatan Maulid Muhammad SAW untuk dapat memperkokoh persaudaraan sesama kaum muslim dan memper erat sesama manusia, dengan demikian perayaan ini juga hadir, saudara kita dari kaum Nasrani dalam rangka partisipasi mengsukseskan kegiatan tersebut.

Untuk itu Kata Al Ustaz Ilham, Islam merupakan satu rumah yang mana dapat menghimpun semua suku yang berada di kabupaten Bursel yang mana dapat menghimpun semua suku-suku yakni, Ras, Budaya dan kultum, karena Islam itu merupakan Rahmatan Lil Alamien.

Dengaan perayaan ini Lanjut Al Ustaz, semua peringatan Maulid yang di selenggarakan keluarga besar Amarima Hatuhaha dapat memberikan pesan perdamayan kepada masyarakat yang berada di kabupaten Bursel dan pada umumnya masyarakat yang hidup dalam Pluralisme.

Hadir dalam dalam kegiatan ini, Anggota DPRD, Pabung 156/Namlea, TNI/ Plri, Para Asisten,/ Staf Ahli,Asisten, Ketua Bhayangkari Polres Bursel, Majelis Ta,lim Bursel dan Al Hidayah, tokoh agama, Adat dan tokoh masyarakat serta tokoh Pemuda dan sesepu Amarima Hatuhaha. (Adam Kiat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *