oleh

Ketua KORMI Maluku Hadiri FORNAS VI Sumatera Selatan

-nasional-133 views
Link Banner

AMBON, Demokrasi MalUku: Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, menghadiri pembukaan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke-VI Tahun 2022 di Arena Dayung Jakabaring Sport City Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) , Jumat malam, (01/07/2022).

Event FORNAS yang dipandu oleh Presenter Choky Sihotang tersebut, dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali, didampingi Ketua KORMI Pusat, Hayono Isman dan Gubernur Sumsel, Herman Deru, yang ditandai pelepasan Ketapel ke udara dan disusul tarian selamat datang khas Sumsel “Gending Sriwijaya” serta Tarian Journey of Fornas oleh ratusan penari.

Sebanyak 12.141 penggiat olahraga rekreasi dari 34 provinsi, ambil bagian pada ajang yang sempat tertunda selama satu tahun karena adanya pandemi COVID-19 yang digelar di Kota Palembang dan Ogan Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, 1-7 Juli 2022.

FORNAS adalah kegiatan multi event yang diikuti Pegiat (olahragawan) dan Penggiat (Pendukung/Penggerak) olahraga masyarakat dari seluruh provinsi.

Berdasarkan Keputusan Pengurus KORMI Provinsi Maluku, Nomor : 01/SK/KORMIDA-MAL/VI/2022 tentang Penetapan Peserta FORNAS IV 2021 Tahun 2022 Kontingen Daerah KORMI Maluku, sebanyak 91 peserta yang akan tampil, sembilan Induk Organisasi Olahraga (INORGA) yakni Indonesia e-SportAssociation (IESPA/12 orang), Senam Tera Indonesia (STI/16 orang), KLPI (Kebugaran Lansia Pra Lansia Indonesia (KLPI/12 orang), Perkumpulan Street Soccer Indonesia (PERSSOCI/14 orang), Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI/8 orang), Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PERGATSI/6 orang), Yayasan Jantung Indonesia (YJI/6 orang), Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI/14 orang) dan Universal Line Dance (ULD/3 orang).

Sebelum membuka event, Menpora mengatakan, olahraga masyarakat yang mungkin saja belum terlalu populer dibandingkan dengan olahraga prestasi padahal sejatinya, UU No.11 tentang Keolahragaan ada tiga kelompok olahraga, yakni olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan Olahraga masyarakat.

Baca Juga  Komisi IX Teruskan Usul Vaksinasi Covid-19 Wartawan Di Garis Depan Ke Kementerian Kesehatan*

“Dalam UU Nomor 11/2022 tentang Keolahragaan dan Perpres No. 86/2021 tentang DBON, olahraga masyarakat sangat memegang peran penting karena tidak mungkin kita bisa mendapatkan prestasi yang baik yang gemilang, kalau hulunya yakni olahraga masyarakat tidak digerakkan. Hanya di tengah masyarakat yang rajin dan gemar berolahraga yang menjadikan olahraga gaya hidup, maka akan muncul talenta-talenta untuk atlet berprestasi,” pungkas Menpora.

Turut mendampingi Menpora Amali, Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Raden Isnanta, Staf Khusus Menpora Bidang Pengembangan dan Prestasi Olahraga Mahfudin Nigara dan LPDUK Tri Winarno. Sedangkan pejabat lingkup Pemprov Maluku yang mendampingi Widya adalah Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena, Karo Umum Afandi Hasanusi, Kadis Pendidikan Insun Sangadji, Kadis PUPR Muhamat Marasabessy dan anggota DPRD Maluku Ayu Hindun Hasanusi. (Biro Administrasi Pimpinan Setda Maluku).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.