by

Universitas Iqra Buru, Gelar PKM Di Desa Saliong

Link Banner

Namlea. Demokrasi Maluku : Mahasiswa Universitas Iqra Buru (Uniqbu) fakultas Perikanan, Gelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) di Desa persiapan Desa Saliong Kecamatan Namlea, Ibukota Kabupaten Buru Kamis Kemarin 11/11 tahun 2021.

Kegiatan tersebut dikemas dalam 2 Kegiatandengan thema, Pelatihan Management produksi dan Kewira Usahaan kepada kelompok pembudidayan rumput laut serta dilanjutkan dengan Kegiatan peringatan Maulid Nabi Besar kita Muhammad SAW 1443 Hijiriah.

Kepada Median ini, M. Ikbal Zakariah, S.Pi,M.Si selaku Wakil Dekan FPIK Mengatakan, Kegiatan ini sebagai langkah awal dari keluarga besar fakultas Perikanan untuk memberikan kontribusi positip dalam pengembangan potensi perikanan, sekaligus mempererat ukhuwa islamia dengan masyarakat setempat.

Diambahkan, Kegiatan pelatihan untuk kelompok pembudidaya rumput laut melibatkan, unsur dari Dinas Perikanan Kabupaten Buru, yang diwakili Sekertarisnya, Muhammad Iban Latwael, S.Pi,M.Si bersama Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Irfan Mukadar, S.Pi, yang akan menyampaikan materi terkait program kerja Dinas Perikanan, khususnya dibidang perikanan budidaya.

Kemudian Lanjutnya, materi tersebut juga akan disampikan staf dari Bank BRI Unit Namlea, terkait dengan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), kemudian unsur dari fakultas Perikanan Universitas Iqra Buru, Metheos Talakua, S, Pi, M. Si dan Ketua Prodi, Samsia Umasugi, S.Pi.M.Si” Ujarnya.

Untuk kemeriaan kegiatan PKM ini Kata Dosen Senior, akan dilanjutkan dengan kegiatan Maulid Besar Muhammad SAW yang melibatkan unsur dari, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas Perikanan, Majelis Salawat Hadyunabi Wal Itrah dan Masyarakat desa Saliong.

Hikmah Maulid disampaikan, Al Ustaz Djafar Shodig Assagaff dengan thema: Meladani akhlak Nabi Besar Muahammad SAW, Kita tingkatkan kepedulian dan kebersamaan dimasa Pandemi, Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Yasan Muslim Buru, Ir Ismiran Watihelu, ME, Rektor Uniqbu, DR M. Sehol dan Kades Saliong, Nurain Kabau.

Baca Juga  Unpatti Ambon Wisudakan 1.753 Lulusan

Kegitan tersebut secara resmi dibuka Rektor Uniqbu, DR.M Sehol Dalam Sambutan Mengatakan, sangat apresiasi kepada fakultas Perikanan yang telah mengaplikasikan secara nyata visi dan misi Kampus sebagai lembaga pendidikan dan Da,wah yang melahirkan manusia Berilmu amaliah, Beramal Ilmiah dan berahlaqul karimah.

Rektor juga menyampiakn terimah kasih yang mendalam kepada aparat Desa bersama masyarakat Desa Saliong dan membuka kesempatan dan peluang Beasiswa bagi masyarakat Desa Saliong yang ingin melanjutkan studi ke Kampus Iqra Buru.

Sementara hal yang sama juga disampikan Ketua YMB, Ir Ismiran Watihelu dalam arahan Mengatakan, Kegiatan keagamaan maupun pendampingan oleh fakultas Perikanan diarahkan kepda masyarakat desa persiapan Desa Saliong, hal seperti ini dapat dilanjutkan secara kontinyu.(Adam Kiat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed