by

Gubernur Maluku Di Dampingi Sekretaris Utama BNPB Launching Bulan PRB

-Ambon-112 views
Link Banner

Gubernur Maluku Murad Ismail, Jumat (01/09/2021) melaunching Peringatan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tahun 2021, yang akan berlangsung di Kota Ambon sepanjang bulan Oktober 2021.

Lauching ditandai dengan pemukulan tifa, Gubernur Maluku yang didampingi Sekretaris Utama BNPB RI Lilik Kurniawan, yang juga disaksikan oleh seluruh komponen BNPB,BNPD dan BMKG di seluruh Indonesia.

Pemukulan tifa pertanda , Maluku siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan PRB tahun 2021. Launching berlangsung di lantai tujuh (7) kantor gubernur Maluku.

Gubernur mengapresiasi, Maluku dipercayakan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event tersebut, karena dengan penyelenggaran dimaksud masyarakat Maluku akan lebih sigap dan tanggap dalam menghadapi berbagai macam bencana, apalagi Maluku merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang termasuk dalam katagori sebagai daerah rawan gempa. dan tsunami.

Menurut Murad, “yang terpenting komitmen semua pihak, bahwa peringatan Bulan PRB ini akan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat hingga puncak peringatan pada 20 Oktober 2021, sehingga tidak menimbulkan klaster baru COVID-19 di Maluku,” katanya.

Dia berharap berbagai kegiatan yang akan berlangsung hingga 20 Oktober 2021, dapat berdampak meningkatkan budaya sadar bencana bagi seluruh elemen masyarakat, terutama di Maluku yang saat ini diketahui sebagai salah satu daerah paling rawan gempa dan tsunami di Tanah Air.

Potensi bencana alam di Maluku sangat beragam dengan berbagai isu kebencanaan, terutama berkaitan geografis yang terdiri dari banyak pulau. Karena itu dibutuhkan kesiapan semua pihak untuk bersama-sama membangun ketangguhan masyarakat sehingga siap menghadapinya.

Pendampingan dan dukungan BNPB maupun instansi dan lembaga teknis lainnya termasuk tokoh agama, sangat diperlukan sebagai “sombar” pelindung untuk bersama-sama meningkatkan ketangguhan daerah dan masyarakat di Maluku.

Baca Juga  Gubernur Maluku Salurkan Bantuan Presiden Jokowi

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan, mengemukakan, penyelenggaran peringatan Bulan PRB bertujuan mengajak semua pihak termasuk akademisi, lembaga usaha, pemerintah dan masyarakat bersama-sama melakukan upaya pengurangan risiko sebelum terjadi bencana.

“Jadi kita tidak boleh menunggu bencana terjadi baru kita tergagap menolong masyarakat atau korban. Namun sebelum bencana terjadi kita harus melakukan sesuatu. Bulan PRB adalah acuan untuk merumuskan berbagai langkah penanganaN bencana,” katanya.

Upaya pengurangan risiko bencana, katanya, berkaitan dengan langkah pencegahan, mitigasi bencana, kesiapsiagaan dan peringatan dini, dan semuanya dilaksanakan secara serentak pada bulan Oktober setiap tahun.

Secara Internasional bulan pengurangan risiko bencana jatuh pada 13 oktober, tetapi di Indonesia dilaksanakan penuh selama sebulan yakni setiap Oktober, dengan berbagai rangkaian kegiatan di seluruh daerah.

“Jadi selama bulan Oktober 2021 semua komponen terkait kebencanaan dari Sabang sampai Merauke dibawah komando BPBD akan melaksanakan kegiatan pra bencana dengan melakukan penguatan di sekolah melalui program satuan pendidikan tanggap bencana, sedangkan di keluarga melalui program keluarga tangguh bencana,” kata dia pula.

Selain kegiatan seminar kebencanaan, juga dilakukan pembagian masker secara serempak di seluruh wilayah di Kota Ambon, untuk mendukung upaya pemerintah memotong mata rantai penularan COVID-19, penanaman pohon di bebarapa daerah rawan banjir dan longsor.

Dia menambahkan, puncak acara pada 19-20 Oktober akan dihadiri kepala BNPB, sejumlah Menteri terkait serta Gubernur dari 34 provinsi serta Kepala BPBD dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota.

Menurutnya, “kegiatan ini sedianya dilakukan pada tahun 2020, namun karena covid 19, jadi baru dilakukan pada tahun ini, jumlah pesertanya juga dikurangi hanya 100 orang dari tahun- tahun sebelumnya berjumlah 4,000 orang,”demikian Lilik

Baca Juga  Widya Bagi 100 Sembako kepada Warga Kota Ambon

Hadir dalam acara launcing Forkopimda Provinsi Maluku,,para Kepala Finas dilingkup Pemprov Maluku.
tokoh agama dan undangan lainnya. (DMK-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed