by

Ini Daftar Politeknik Negeri Yang Bisa Kamu Pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Link Banner

Jakarta, demokrasi Maluku:

Kebijakan kebijakan baru dalam seleksi SNMPTN dan SBMPTN 2021, lho. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya, peserta hanya bisa daftar politeknik negeri lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dan Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), kini kamu bisa memilih politeknik di pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2021.

Jadi, buat kamu yang mau masuk D4 di politeknik, atau kamu masih bingung memilih politeknik atau perguruan tinggi sebagai tempat kuliah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini, Pahamifren.

Mipi mau membagikan daftar politeknik negeri yang masuk dalam SNMPTN dan SBMPTN 2021 sekaligus, ketentuan dalam pemilihannya. Biar makin paham, kamu simak artikel ini sampai selesai, ya.

Daftar Politeknik Negeri yang Tersedia di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Ada 44 daftar politeknik neger i  yang tersedia di SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021. Politeknik yang bisa kamu pilih melalui SNMPTN dan UTBK SBMPTN ini hanya menerima program D4 atau Sarjana Terapan saja, ya. Berikut:

Sudah membuat daftar politeknik negeri yang bisa kamu pilih di SNMPTN dan SBMPTN 2021?

Politeknik Negeri di Wilayah Pulau Jawa

  1. Politeknik Negeri Jakarta.
  2. Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta.
  3. Politeknik Negeri Bandung.
  4. Politeknik Manufaktur Bandung.
  5. Politeknik Negeri Subang, Jawa Barat
  6. Politeknik Negeri Indramayu.
  7. Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Semarang.
  8. Politeknik Negeri Semarang
  9. Politeknik Negeri Cilacap.
  10. Politeknik Negeri Banyuwangi.
  11. Politeknik Negeri Jember.
  12. Politeknik Negeri Madiun.
  13. Politeknik Negeri Malang.
  14. Politeknik Negeri Madura.
  15. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
  16. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Politeknik Negeri Wilayah Pulau Sumatera

  1. Politeknik Negeri Lhokseumawe, Aceh.
  2. Politeknik Negeri Medan.
  3. Politeknik Negeri Batam.
  4. Politeknik Negeri Bengkalis, Riau.
  5. Politeknik Negeri Padang.
  6. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.
  7. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.
  8. Politeknik Negeri Manufaktur Bangka Belitung.
  9. Politeknik Negeri Lampung.

Politeknik Negeri Wilayah Pulau Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua

  1. Politeknik Negeri Bali.
  2. Politeknik Negeri Kupang.
  3. Politeknik Negeri Ambon.
  4. Politeknik Negeri Fakfak.
  5. Politeknik Perikanan Negeri Tual.
  6. Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Politeknik Negeri Wilayah Kalimantan dan Sulawesi

  1. Politeknik Negeri Pontianak.
  2. Politeknik Negeri Ketapang.
  3. Politeknik Negeri Sambas.
  4. Politeknik Negeri Manado.
  5. Politeknik Negeri Banjarmasin.
  6. Politeknik Negeri Tanah Laut.
  7. Politeknik Negeri Balikpapan.
  8. Politeknik Negeri Ujung Pandang.
  9. Politeknik Nusa Utara, Sulawesi Utara.
  10. Politeknik Negeri Pertanian Pangkajene, Makassar.
  11. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.
  12. Politeknik Negeri Samarinda.
  13. Politeknik Negeri Nunukan.

Ketentuan Memilih Politeknik di SNMPTN dan SBMPTN 2021

Berikut adalah beberapa ketentuan saat mendaftar politeknik negeri lewat jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021:

Peserta Boleh Menggabungkan PTN dan Politeknik

Pada pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2021, kamu bisa memilih dua program studi yang menggabungkan S1 di PTN dan D4 di Politeknik Negeri. Misalnya, pilihan pertama kamu bisa memilih Teknik Informatika jenjang S1 di ITS, kemudian pilihan pilihan memilih Teknik Informatika jenjang D4 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Ada beberapa daftar politeknik negeri yang bisa kamu pilih di SNMPTN 2021.

Lewat kesempatan ini, kamu nggak perlu bingung lagi deh milih kuliah di universitas atau di politeknik. Coba saja semuanya, Pahamifren. Namun perlu diingat, kamu tetap perlu mempertimbangkan daya tampung dan lulus universitas dan politik yang kamu pilih ya, agar peluang lolos SNMPTN atau SBMPTN 2021 semakin besar.

Sebagai tambahan informasi, khusus untuk pendaftaran SNMPTN 2021, kamu harus memilih satu program studi, baik universitas maupun politeknik, yang berlokasi sesuai domisili sekolahmu. Sementara pada pendaftaran UTBK SBMPTN 2021, kamu bebas memilih tempat kuliah di mana pun.

Siswa SMK mendapatkan Bobot Penilaian Lebih

Secara umum, jenjang D4 di Politeknik Negeri lebih fokus pada praktek. Itulah alur siswa SMK yang memilih D4 politeknik saat pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN akan mendapatkan bobot lebih di indeks sekolahnya.

Pahami dan   Jangan Kasih Kendor, Kembalikan Semangat Belajar Setelah Liburan Lewat 5 Cara Ini

Tentu ini menjadi peluang yang menguntungkan bagi siswa SMK. Lewat hal ini, kesempatan siswa SMK untuk masuk politeknik negeri menjadi lebih besar dibandingkan pada program akademik lain.

Bobot sampel utama diberikan untuk lulusan SMK yang memilih program D4 sesuai jurusan saat SMK. Misalnya, saat SMK kamu mengambil jurusan Bisnis Manajemen, saat kuliah kamu memilih D4 Bisnis Manajemen di Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang, maka otomatis kamu akan mendapatkan indeks bobot yang lebih besar.

Ada Rumpun Saintek dan Soshum

Sama halnya dengan studi program di PTN, studi program di politeknik juga terdapat rumpun Saintek dan Soshum. Jadi, kalau mau daftar politeknik lewat SBMPTN 2021, kamu harus memilih kelompok ujian yang sesuai dengan jurusan yang kamu incar, ya.

Beberapa contoh jurusan Saintek di Politeknik Negeri, seperti Manufaktur, Teknik Elektronika, Teknik Multimedia dan Jaringan, Teknik Informatika, dan banyak lagi. Sementara jurusan Soshum di Politeknik Negeri, seperti Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, Logistik Perdagangan Internasional, dan sebagainya.

Kuota D4 Politeknik Sama Dengan PTN

Kuota penerimaan mahasiswa baru pada program D4 politeknik sama dengan aturan yang ditetapkan LTMPT untuk jenjang S1 di PTN. Rinciannya, SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 40 persen, dan Seleksi Mandiri maksimal 30 persen.

Kecuali, untuk PTN Berbadan Hukum (PTN BH) seperti UGM dan UPI, kuota SNMPTN minimal 20 persen, SBMPTN minimal 30 persen, dan Seleksi Mandiri maksimal 50 persen.

Selain itu, kriteria penilaian setiap jalur juga sama dengan S1 di PTN, yaitu SNMPTN menggunakan nilai rapor, SBMPTN menggunakan nilai UTBK, Seleksi Mandiri dapat menggunakan nilai UTBK atau tes lainnya sesuai kebijakan politik atau universitas masing-masing.

Pahami dan   Boleh Dicoba, 7 Tips Mudah Menjawab Soal Tryout UTBK

Itu ulasan mengenai daftar politeknik negeri yang bisa dipilih di SNMPTN da SBMPTN 2021 sekaligus, ketentuan pemilihannya. Semoga ulasan di atas bisa menjadi informasi bekal yang cukup untuk menghadapi SNMPTN dan SBMPTN 2021 nanti, ya.

Buat kamu yang mau masuk politik negeri lewat SBMPTN 2021, berarti kamu harus mulai mempelajari materi UTBK dan mencoba banyak soal latihan sebagai persiapan menghadapi UTBK SBMPTN 2021. Mengingat pelaksanaan UTBK 2021 tinggal sebentar lagi, persiapkan dirimu dari sekarang!

Kamu bisa mencoba latihan soal UTBK di fitur Try Out Online Pahamify. Ada ratusan latihan soal ter-update yang bisa kamu coba, lengkap beserta pembahasannya. Cek informasi lengkapnya di link  Pahamify Tryout  ini ya!

Biar lebih siap untuk #TaklukkanUTBK, kamu juga dapat mengikuti tantangan 1 Hari 1 Soal dari Pahamify. Ada hadiah menarik yang bisa kamu peroleh kalau berhasil melakukan tantangannya, l(sumber pahamyfly)

icon-desktop-macs
Logo Putih Versi.02.2

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed