by

Gubernur Launching Universitas Muhamadiyah Maluku

Ambon, Demokrasi Maluku : Gubernur Maluku Murad Ismail Pimpinan Muhammadyah Maluku Abd. Haji Latua dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Ambon Muhammad Bugis, Kamis (21/1/2021) me- Launching Universitas Muhammadyah Maluku (UNIMMA) yang berlangsung di Kampus UNIMMA, yang berlokasi di Wara, Air Kuning, Kota Ambon.
Launching yang dilakukan itu sebagai pertanda UNIMA sudah siap beroperasi di Maluku.
Dalam sambutannya Gubernur Maluku
menyambut baik kehadiran UNIMMA dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Maluku dan peluang orang untuk berkuliah semakin terbuka lebih banyak.
“Atas nama Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, saya menyambut gembira kehadiran Universitas Muhammadyah Maluku yang secara resmi telah memperoleh izin operasional, dari Kementerian Pendidikan Nasional,” kata Gubernur.
Gubernur berharap kehadiran UNIMMA Maluku, dapat melengkapi keberadaan perguruan tinggi lainnya di Maluku, dan menjadi pusat pengembangan sumber daya manusia (SDM) terutama di bidang kemaritiman.
Kehadiran UNIMMA Maluku, tentunya kata mantan Dankor Brimob Polri ini harus memberikan penguatan kepada universitas lainnya di Maluku. Artinya, pendidikan kita akan lebih berkualitas, karena masing-masing universitas akan membangun model mutunya sendiri, sebagai keunggulan yang mencirikan universitas dimaksud, sehingga terjadi kompetisi yanhg sehat, dalam memajukan SDM Maluku, yang kuat dan berdaya saing.
Ia menambahkan, melalui pembangunan SDM yang berkualitas, maka daerah bisa menjawab tantangan pembangunan berbasis masyarakat kepulauan, mendorong konektivitas antar pulau, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengangkat derajat kesejahteraan rakyat Maluku, secara signifikan dari waktu ke waktu.
“Dengan pendidikan yang berkualitas, kita dapat menyediakan sumber daya manusia yang bermutu, yang akan memberi kontribusi bagi pembangunan, peradaban dan masa depan Maluku yang lebih baik,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, gubernur juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Maluku dalam mendukung pengembangan pendidikan tinggi di Maluku.
“Meskipun kewenangan pengelolaan perguruan tinggi merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun saya berkomitmen bahwa Pemerintah Provinsi Maluku akan terus memberikan dukungan, dan perhatian terhadap pengembangan pendidikan tinggi di Maluku, sesuai kapasitas dan kemampuan anggaran yang tersedia,” ungkap Gubernur.
Oleh sebab itu, mantan Kapolda Maluku ini mengajak seluruh pimpinan perguruan tinggi di Maluku untuk terus meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sebagai mitra strategis pemerinta daerah, dalam semua sektor
pembangunan di Provinsi Maluku.
“Hal ini akan terus dilakukan sebagai wujud usaha pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Maluku, agar bisa sejajar dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia,” tandas Gubernur.
Turut hadir pada acara lainching, unsur Forkopimda Maluku, Sektaris Kota Ambon, A.G. Latuheru, Ketua UNIMMA Maluku Mohdar Yanlua, Rektor Unpatti dan Rektor Uninda.
Launching juga turut dihadiri Pimpinan Pusat Muhammadyah Prof.Dr. Haidar Nasir yang memberikan arahan secara virtual. (humasmaluku)

Baca Juga  Pemprov Maluku Diminta Serius Urus Pendidikan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed