PENGAWASAN PILKADA SERENTAK 2024 DI PROVINSI MALUKU RESMI DILAUNCHING

Ambon –Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2024, resmi dilaunching oleh Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie didampingi oleh Ketua Bawaslu Provinsi Maluku Subair, pada Selasa (23/7/2024) malam, di Lapangan Merdeka Ambon.

Dalam sambutannya, Sadali menyampaikan bahwa perhelatan pemilu bukanlah hal baru bagi masyarakat Maluku, karena telah melaksanakannya berulang kali, bahkan pemilihan Presiden/Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif, baru saja dilewati dengan aman dan damai.

http://demokrasimaluku.com/wp-content/uploads/2024/08/20240817_081242-6.jpg

“Itu pertanda baik, sekaligus mengisyaratkan bahwa masyarakat Maluku makin matang dalam berpolitik,” tambah Sadali.

Dirinya berharap agar KPU dan Bawaslu, terus belajar dari pengalaman Pilkada yang lalu, dimana masih terdapat berbagai catatan kritis, baik terkait distribusi logistik, data pemilih, kampanye hitam, money politik, ujaran kebencian, hoax, ajakan golput, politik sara, dan masih banyak lagi.

Sadali pada kesempatan itu juga turut mengingatkan kepada jajaran ASN lingkup Pemerintah Provinsi Maluku maupun Kabupaten Kota, agar dapat menjaga netralitas diri.

“Jangan berpolitik praktis, karena itu dilarang Undang-Undang dan ada konsekuensi yang harus dihadapi,” tegas Sadali.

Menutup sambutannya, Sadali berharap kepada jajaran kepolisian untuk mengawal dan menjamin keamanan seluruh tahapan pilkada yang aman dan damai, karena ini merupakan tanggung jawab bersama yang perlu dikawal.

Untuk diketahui pada kesempatan itu juga turut dilakukan, penandatanganan Deklarasi Pemilihan Damai 2024, dalam rangka mewujudkan Pemilihan yang aman, tertib dan berintegritas di Provinsi Maluku, oleh Penjabat Gubernur Maluku, Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Forkopimda Maluku, beserta Partai Politik. (Diskominfo Maluku)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *