Launching Pengawasan Pilkada Serentak di Maluku

Politik70 views

Bawaslu : Bakukele Awasi Pilkada Serentak

Ambon, Demokrasi Maluku : Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Provinsi Maluku Selssa (23/07/2024) malam menggelar Launching Pengawasan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon.

http://demokrasimaluku.com/wp-content/uploads/2024/08/20240817_081242-6.jpg

Acara tersebut diikuti oleh seluruh komponen Bawaslu provinsi Maluku Mulai dari komisioner Bawaslu Maluku beserta semua u nsur di kantor Bawaslu, Bawaslu Kabupaten Kota se Provinsi Maluku, Panwas Kecamatan 11Kabupaten/Kota se Maluku yang berjumlah 300 orang lebih, Pj Gubernur Maluku dan jajaran FORKOMPOMDA Maluku juga Kota Ambon, Para pimpinan OKP & Ormas, pimpinn Parpol , pers serta tamu undangan juga masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya.

Acara berlangsung cukup meriah dimana masyarakat cukup antusias mengikuti satu demi satu acara tersebut.

Seluruh audens yang hadir mengikuti dengan seksama satu demi satu acara yang di helat oleh Bawaslu Provinsi Maluku itu.

Diawali dengan doa oleh para rohaniawan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, puisi ajakan pengawasan pemilu dan Pilkada damai oleh Dr. Stevy Melay,S.Pd, M,Si, Launching dan sambutan-sambutan serta ditutup oleh penampilan apik band GIGI yang membuat masyarakat terhipnotis dengan sejumlah lagu dan music khas band senior di tanah air tercinta.

Dr Zubair dalam sambutannya, mengucap syukur, terima kasih atas jehadiran berbagai komponen di acara launching ini.

Menurutnya, Beberapa tahapan sudah berjalan, besok 24 Juli hari terakhir bagi KPU se Indonesia melakukan coklit pendaftaran pemilih.

Malam ini kami juga launching Tagline : Baku kele awasi pilkafa serentak, baku kele mengandung filodofi yg sangat dalam

Jika kita ingin ciptakan pilkada yang damai maka kita harus bergandeng tangan, bergotong royong, bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada serentak .

.
Jika kita dapat melaksanakan Pilkada secara damai maka pemimpin yang lahir dari Pilkada damai maka pemimpin yang lahir adakah pemimpin yang benar2 dapat membangun Maluku yang lebih baik.

Rakyat adalah kuncinya, kata ketua yangvterkenal ramah itu. Rakyat diminta untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada karena Bawaslu punya personil yang terbatas, karena itu tak bisa melihat sampai di seluruh sudut dan pelosok negeri, karena itu rakyat diminta jadi kaki tangan dan mata- mata yang dapat melihat semua yang terjadi termasuk juga melapor pelanggaran yang dilakukan baik oleh calon maupun tim sukses atau siapa saja yang diduga melakukan pelanggaran pemilu, dengan menunjukan bukti-bukti yang valid dan akurat, agar dapat diproses sesuai aturan per undang-undangan yang berlaku, ujarnya

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini seluruh masyarakat Maluku dapat berpartisipasi untuk mengawasi, dapat melapor apabila ada kecurangan, demikian Zubair

Pada kesempatan itu Ir.Sadli Lie, M. Si. IPU Penjabat gubernur Maluku menyatakan, pihaknya
meyambut gembira,, apresiasi dan kebanggaan atas deklarasi pengawasan pemilihan kepala daerah launching Pilkada damai.

Perhelatan pilkada ini bukan barang baru tapi sudah berulang kali dilakukan. Pileg baru saja dilalui dan berlangsung dengan aman, damai dan lancar.


Masyarakat semakin matang, dimana masyarakat sudah melakukan hak polotik dengan baik

Karenanya Bawaslu terus belajar dari pemilu-pemilu yang lalu maupun pilkada yang lalu.

Ada sejumlah hal yang masih merupakan catatan kritis yang perlu diwaspadai dan di evaluasi . Bawaslu harus bjkerja dengan netral dan jujur , tak bisa diintimidasi oleh siapapun dan pihak manapun.

Pers juga diminta untuk melakukan tugas pemberitaan dengan
akurat dan bertanggung jawab serta mengacu pada aturan perundang-undangan yang berlaku.

ASN di seluruh Maluku diminta netral, jangan berpolotik praktis, TNI-Polri harus mengawal agar Pilkada dapat berjalan dengan aman dan damai (Ritta.E.Lekatompessy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *