Dari Gebyar SMK Se Provinsi Maluku Songsong Hari Guru 2023

Ambon, Pendidikan48 views

Luturmas : Pemerintah Daerah & Pusat Diminta Terus Kucur Dana Bagi Pengembangan Product Siswa SMK

Ambon, Demokrasi Maluku : Dalam rangka Peringatan Hari guru tahun 2023, Pemerintah Provinsi Maluku c/q Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang dimotori Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Maluku menggelar acara Gebyar SMK yang berlangsung, Kamis-Jumat 23-24 November 2023, di Halaman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.

http://demokrasimaluku.com/wp-content/uploads/2024/08/20240817_081242-6.jpg

Acata tersebut menghadirkan 10 SMK Pusat Keunggulan yang ada di Provinsi Maluku yakni SMK dari Kota Ambon, Maluku Tenggara dan Kabupaten Seram Bagian Barat .

Nampak dalam Gebyar SMK tersebut, masing-mading SMK memamerkan apa yang menjadi produk-produk hasil kerja para siswa baik itu bidang, otomotif, perbengkekan, bidang multimedia, bidang kesehatan, pekerja sosial, akuntansi-keuangan dan sebagainya.
Acara dibuka Kadis Pendidikan Provinsi Maluku Dr.Ir.Insun Sangadji, M.Si yang didampingi Kabid SMK Anisah, S. Sos, M. Si.

Pemerintah Daerah & Pusat
Salah satu Kepala Sekolah SMK PK Keunggulan dari Kota Ambon, SMK 6 Edoward Luturmas, S.Th, M.Pd yang ditemui di sela- sela acara tersebut menyatakan , apresiasi yang sungguh dan luar biasa terhadap kegiatan Gebyar SMK.

“Kita patut bersyukur, dengan momentum gebyar SMK saat ini, dimana lewat momentum ini kita bisa menunjukkan kepada publik bahwa SMK “BISA”.

Kata bisa ini mengandung arti ganda bahwa baik dari sisi akademis maupun sisi vokasional , harus benar-benar nyata tidak hanya sebuah slogan”.

Menurutnya, semua pihak harus mendorong para siswa untuk tidak saja belajar tentang teori tapi harus secara praktis menghasilkan sesuatu, menghasilkan product lewat potensi yang dimiliki baik dari sisi ketrampilan maupun dari sisi yang lain, ujarnya.

Menurutnya, gebyar SMK ini, memberikan gambaran bahwa ada komunikasi antara dunia pendidikan terutama pendidikan vokasi kepada publik, sehingga karya-karya anak-anak bisa diteruskan dan ditindak lanjuti.
Sekaligus bagian pengembangan UMKM, dan itu meningkatkan ekonomi kreatif di daerah kita.

Karena itu menjadi perhatian dati pemerintah daerah, karena itu kita saling mendorong antara dunia pendidikan dan UMKM , sehingga product anak-anak tidak sekedar sampai di dunia pendidikan tapu harus di respon oleh IKADIN dan institusi ekonomi yang lain .

Juga produk kolaborasi dari berbagai pihak, salah satunya insan pers , agar dapat memberikan dorongan, motivasi dan komunikasi publik.

‘Kami harapkan insan pers beri informasi kepada publik terkait dengan product yang dihasilkan oleh anak-anak kita sehingga anak-anak kita di Maluku tidak ketinggalan dari daerah lain, pintanya.

“Mereka harus tampil unggul”.

Selanjutnya Luturmas katakan, SMK Negeri 6 Ambon merupakan salah satu SMK Pusat Keunggulan di Kota Ambon, dengan enam kompetensi yakni : pekerja sosial, multi media., teknologi laboratorium medium, keperawatan, farmasi klinik dan komunitas, akuntansi dan keuangan.

Ada tiga product yang ditampilkan hari ini yakni dari. Multimedia : kaos, topi yang di desain dengan imaginasi anak-anak, untuk layanan kesehatan , productnya antara lain : stick kelor, minuman dan obat , jurusan farmasi, product jamu fermentatif, yang sudah nendapat labrl halal dan siap dikembangkan, sedangkan dari kompetensi pekerja sosial yaitu : kain tenun.

Selain SMK 6 , “sejumlah karya- karya terbaik dari siswa-siswi SMK se Maluku yang tentunya membutuhkan dana untuk dikembangkan, karena itu kami meminta pemerintah daerah dan pemerintah pusat terus memberikan dana untuk pengembangan karya anak-anak SMK di Maluku, ‘demikian Luturmas. (Ritta.Lekatompessy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *