MALUKU RAIH PERINGKAT TERBAIK KETIGA ANUGERAH LAYANAN INVESTASI 2023 KATEGORI PROVINSI

nasional6 views
Link Banner

 

Jakarta – Demokrasi Maluku :  Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, menggelar Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2023 di bawah sorotan Tema “Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha”, yang bertempat di Hotel Shangrila Jakarta, Rabu (8/11/2023)

Hadir dalam pemberian Anugerah tersebut Wakil Presiden RI, dimana Pemerintah Provinsi Maluku kembali meraih prestasi penilaian terbaik atas kinerja layanan investasi dengan memperoleh peringkat 3 terbaik, tingkat Nasional untuk kategori Pemerintah Provinsi seluruh indonesia.

Anugerah Layanan Investasi tersebut diberikan oleh Wakil Presiden RI dan langsung di terima oleh Gubernur Maluku, Irjen. Pol. (Purn.) Drs. Murad Ismail.

 

Menurut Dr. Ir. Syuryadi Sabirin, Msi. Kepala Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi Maluku saat dihubungi via telepon selular menyatakan bahwa prestasi ini diraih karena Dinas Penanaman Modal dan PTSP Provinsi Maluku telah melaksanakan arahan dan petunjuk Gubernur Maluku dalam pelaksanaan perizinan sesuai dengan regulasi yang diprasyaratkan, seperti :

1. Pelaksanaan Perizinan Investasi melalui aplikasi OSS-RBA dan Aplikasi SICANTIK CLOUD.

2. Menerapkan ISO 37001 (anti suap) dan ISO 9001 (Pelayanan Publik).

3. Inovasi yang dilaksanakan dengan pembuatan Klinik Helpdesk OSS(Online Single Submission) -RBA(Risk Based Approach) dan LKPM(Laporan Kinerja Penanam Modal) serta mobil pelayanan keliling  untuk pembuatan NIB dan konsultasi layanan LKPM.

Lanjut Suryadi, Pemerintah Provinsi Maluku sudah menyusun dan mengimplementasikan setiap regulasi yang diprasyaratkan sesuai amanat undang-undang, dimana dalam penyelenggaran proses perizinan, aparatur DPMPTSP Provinsi Maluku berpedoman kepada regulasi yang telah disusun, sehingga berdampak kepada Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang cukup tinggi, dan sarana dan prasarana penyelenggaraan perizinan yang memadai, berdampak pada kualitas pelayanan perizinan.

“Untuk proses penyelenggaraan perizinan di Provinsi Maluku, dilakukan secara online melalui aplikasi OSS-RBA dan SiCantik cloud dan tidak lagi secara Manual” Ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa target dan realisasi investasi tahun 2022 belum sesuai yang diharapkan, namun pada tahun 2023 triwulan III sudah mencapai 113%, dan saat ini Inovasi yang dilakukan di DPMPTSP Provinsi Maluku adalah KLINIK HELPDESK OSS-RBA dan LKPM serta Mobil Pelayanan Keliling untuk pembuatan NIB dan Konsultasi layanan LKPM. (Diskominfo Maluku)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *