Sukong Latuhalat Juarai Makanan Tradisional API Award 2023

Ambon25 views
Link Banner

Ambon,  Demokrasi Maluku – Kota Ambon – Provinsi Maluku berhasil keluar sebagai Juara dalam ajang pariwisata nasional Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards ke-8 tahun 2023, yang digelar di Gedung Presisi Polda Maluku, Tantui, Ambon, Senin (01/11/2023).

Dalam nominasi yang dibacakan pada Malam Puncak API Award ke-8, Sukong Latuhalat (Sukun dari Negeri Latuhalat) Kota Ambon berhasil memenangkan penghargaan kategori Makanan Tradisional.

Penghargaan diterima langsung oleh Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena.

Pada Penyelenggaraan API ke-8, Kota Ambon, Provinsi Maluku didaulat sebagai tuan rumah.

Ajang yang bertujuan mempromosikan destinasi pariwisata dari seluruh desa/negeri di kabupaten/kota se-Indonesia itu dilaksanakan selama tiga hari di Ambon, berlangsung di Pattimura Park, 30 Oktober – 01 Nopember 2023.

Malam puncak API 2023 yang digelar di Gedung Presisi Polda Maluku dihadiri oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hadir pula Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi Istri Widya Pratiwi, Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, serta Kepala Daerah dari beberapa Provinsi/Kabupaten/Kota di Indonesia.

Penyelenggara API ke-8 menyediakan 18 kategori untuk diikuti.

Sebagai tuan rumah dalam ajang tersebut, Provinsi Maluku mendaftarkan produk-produk pariwisata terbaiknya dan berhasil masuk dalam 12 kategori.

Hasilnya, pada Malam Puncak API Award ke-8, Maluku berhasil meraih lima penghargaan dari 12 nominasi yang diikuti.

Atas capaiannya itu, Provinsi Maluku keluar sebagai Juara Umum.

Lima penghargaan yang diterima Provinsi Maluku berasal dari, pertama kategori Makanan Tradisional, yang diraih oleh Sukong Latuhalat, Kota Ambon.

Kedua, Promosi Pariwisata Digital diraih oleh Ngurbloat Smart Tourism, Kabupaten Maluku Tenggara.

Ketiga, Brand Pariwisata diraih oleh The Spice Islands, Provinsi Maluku.

Keempat, Ekowisata diraih oleh Mangrove Sanleko, Kabupaten Buru.

Kelima, Dataran Tinggi diraih oleh Taman Meditasi Kukmomor Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Selain Maluku, parade Juara tahun ini juga didominasi oleh nominator yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Aceh, dan Sumatera Selatan.

Perhelatan digelar megah, lantaran diramaikan dengan penampilan dari para musisi dan penyanyi Indonesia dari berbagai aliran musik, yang menunjukan karakter Kota Ambon sebagai “City Of Music”. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *