Kapolres MBD Pimpin Gelar Pasukan Operasi Kewilayahan

Uncategorized109 views
Link Banner

Tiakur – Demokrasi Maluku :Polres Maluku Barat Daya (MBD) melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Kewilayahan dengan sandi ” Simpatik Salawaku 2023 “ yang berpusat di lapangan Apel Mapolres Maluku Barat Daya pada Senin pagi (21/08/2023).

Bertindak selaku Inspektur apel Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K, dengan mengikut sertakan peserta upacara antara lain 1 SST PJU / Perwira Polres Maluku Barat Daya dan Brimob Kompi 4 Yon. C Pelopor MBD, 1 SST personel Brimob Kompi 4 Yon C, 2 SST personel Satuan Samapta Polres MBD, 1 SST Personel Staf Polres MBD, 1 SST gabungan Personel Sat Lantas dan Sat Polair Polres MBD dan 1 SST Personel gabungan Sat Intelkam, Sat Reksim dan Sat Resnarkoba Polres MBD.

Dalam penyampaian amanat Kapolda Maluku, Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, S.I.K mengatakan, pelaksanaan apel gelar pasukan Operasi Simpatik Salawaku 2023 yang diselenggarakan secara serentak di jajaran Polda Maluku dengan mengusung teman “ Sadar Berlalulintas Sumbangsi Keselamatan Bangsa “.

“ Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa permasalahan dibidang Lalu Lintas dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Hal ini sebagai Konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi jumah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup. “ ucap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, Dalam menghadapi permasalahan di bidang lalu lintas dibutuhkan peran serta Stake Holder agar mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintahan lainnya yang bertanggung jawab dalam pembinaan Kamseltibcarlantas yang selama ini masih dirasakan masih perlu ditingkatkan.

“ Apabila tingkat koordinasi dilakukan tidak optimal, maka akan berdampak pada kurang maksimalnya ketersediaan sarana dan prasarana lalu lintas jalan, regulasi angkutan over dimensi dan over leading serta rendahnya tingkat kesadaran dan disiplin masyarakat dalam mematuhi aturan ataupun ketentuan perundang-undangan di bidang lalu lintas. “ tutur Kapolres.

Kapolres juga menambahkan, Guna mewujudkan keselamatan berlalu lintas di jalan raya, perlu adanya peningkatan rumusan manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan serta penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Terkait hal tersebut Kapolres menambahkan pula, Operasi Simpatik Salawaku 2023 ini merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalulintas di jalan raya, melalui pendekatan persuasif dan edukatif dengan cara memberdayakan fungsi dikmaslantas secara optimal, penerangan masyarakat di media cetak mauun elektronik serta pelayanan informasi lalu lintas melalui manajemen media Lalu Lintas Polda Maluku, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat pengguna jalan.

“ Melalui penyelenggaraan Operasi Simpatik Salawaku ini maka diharapkan akan tercapai beberapa tujuan sebagai berikut : 1). Meningkatkan disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. 2). Terciptanya situasi Kamseltibcarlantas secara optimal serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas. 3). Terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri dengan terbentukya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas. 4). Menurunnya angka pelanggaran yang akan diimbangi dengan jumlag kecelakaan lalu lintas. 5). Menurunnya jumlah titik kepadatan arus lalu lintas, dengan kehadiran personel lalu lintas dilokasi kemacetan, 6). Sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya. “ tutup Kapolres.(D-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *