by

Jajaran PUPR Maluku Peringati HUT ke-76

-Ambon-96 views
Link Banner

Menteri Sampaikan Capaian Program Tahun 2021

Ambon, Demokrasi Maluku : Jajaran PUPR di Provinsi Maluku Jumat (3/12/2021) menggelar upacara dan syukuran hari bakti PUPR yang ke-76 berlangsung di Kantor Pemeliharaan Jembatan Merah Putih (JMP), kawasan Hative Kecil Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku,

Perayaan dilakukan secara internal jajaran instansi PUPR dengan menghadirkan utusan masing-masing instansi diantaranya : Balai Sarana dan prasarana Provinsi Maluku, Balai Wilayah Sungai Maluku, Balai Jalan dan Jembatan Wilayah IX Maluku, Dinas PUPR Provinsi Maluku dan Dinas Perumahan & Pemukiman Wilayah Provinsi Maluku.

Acara Ddawali dengan upacara yang dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan pemberian bingkisan untuk pensiunan serta ramah tamah.

Bertindak selaku inspektur uoacara Khalil Kastela Kepala Balai Sarana dan Prasarana Provinsi Maluku.

Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mengawali sambutannya yang dibacakan oleh Inspektur upacara Khalil Kastela menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran PUPR di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, atas kerja keras penuh dedikasi membangun infrastruktur di seluruh Indonesia.

Saya mengingatkan kita semua untuk tetap memberikan kontribusi, agar kita dapat keluar dari pendemi covid 19 dan ekonomi Indobesia dapat pulih kembali.

Kita mencatat bahwa selama ini tidak kurang dari 7,400 pegawai PUPR terkonfirmasi positif covid 19 dan 64 pegawai meninggal dunia. Mereka semua adalah para sapta taruna masa kini, para pahlawan yang telah berjuang untuk negara dan masyarakat.

Di masa yang tidak mudah saat ini, kita patut bersyukur, tetap dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diamanatkan kepada kementrian PUPR.

Pada tahun 2021 kita telah berhasil menyelesaikan 15 bendungan, dimana 11 bendungan telah diresmikan presiden Joko Widodo. Dibidang pembangunan jalan, hingga November 2021 telah menuntaskan dan mengoperasikan 101 km dari 190 km jalan tol, insya Allah diakhir tahun 2021 target tersebut bisa tercapai.

Baca Juga  Gubernur Harap Sosok Alvin Menginspirasi Atlet Maluku

Dengan demikian total panjang tol operasional di Indonesia hingga akhir 2021 menjadi 2.529 km.

Kita juga telah melaksanakan pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT) , dengan total panjang 3.628 km, yang akan tersambung sebanyak 3.404 km pada akhir tahun 2021 dan diharapkan di tahun 2024 dapat tersambung seluruhnya.

Selanjutnya dalam mendukung pariwisata nasional kita telah membangun jalan lingkar Samosir, penataan kawasan borobudur, penataan kawasan Labuan Bajo, pembangunan jalan bypass bandara Internasional Lombok Mandalika yang telah turut mendukung penyelenggaraan world suoer bije (WSBK).

Kementrian PUPR telah menyelesaikan pembangunan sarana dan prasarana PON XX Papua dan Pekan Paralimpik Nasional ( PEPARNAS) XVI.

Memasuki tahun 2022 Menteri mengajak semua insan PUPR untuk terus memelihara bahkan meningkatkan kinerja, kepercayaan dan amanah yang telah diberikan selama ini terus dipupuk,dijaga terus rapatkan barisan, menjaga kekompakan mengingat ada tugas-tugas baru yang diberikan,

Tugas-tugas baru tersebut antara lain : persiapan KTT G-20 di Bali, penataan kawasan Mandalika menyongsong MOTO GP 2022, Renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pembangunan Papua Youth Creative di Papua dan juga pembangunan Ibukota negara di Kalimantan Timur sambil menunggu disahkannya undang-undang.

Saya ingin mengutip pesan presiden RI Joko Widodo pada hari bakti PU ke 76 , bahwa ke depan kita harus lebih banyak lagi membangun infrastruktuur yang lebih berkualitas, membuka keterhubungan antar wilayah, keterhubungan antar daerah,meningkatkan efisiensi serta meningkatkan produktivitas untuk mewujudkan Indonesia maju. (DMK-02)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed