by

Widya Buka Rakornis Kepramukaan

-Ambon-31 views
Link Banner

Kepramukaan Penting untuk Bangkitkan Semangat Nasionalisme Kaum Muda

AMBON, Demokrasi Maluku : Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad, membuka resmi Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pramuka Pengembangan Kapasitas SDM Kepramukaan Tahun 2021. Rakornis yang berlangsung di Hotel Golden Palace, Senin, (15/11/2021), diikuti 50 peserta.

Widya dalam sambutannya mengatakan, pramuka harus memiliki jiwa dan karakter yang dapat menjadi contoh juga teladan bagi masyarakat sekitar. Pramuka juga harus tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong serta membantu meringankan beban sesama. Pramuka juga harus menjadi pelopor kedisiplinan , terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan disiplin untuk menghindari kerumunan.

“Oleh karena ini, kegiatan kepramukaan sangat penting untuk membangkitkan semangat kepeloporan dan nasionalisme terhadap kaum muda saat ini,” kata Widya.

Selaku Ketua Kwarda, ia menyambut baik dilaksanakannya Rakornis saat ini, yang dinilai sangat strategis bagi terwujudnya koordinasi dan sinkronisasi kerjasama diantara Kwarda Gerakan Pramuka dengan Dinas Pemuda dan olahraga, selaku pemangku kepentingan pembinaan generasi muda Pramuka di Maluku ke depan.

“Melalui Rakornis kali ini, di harapkan dapat menghasilkan output yang memberikan pencerahan bagi pengelolaan organisasi Kwarda, yang lebih representatif untuk menjawab kebutuhan pembinaan Kepramukaan yang lebih berkualitas,” ujar Widya.

Menurutnya, seiring dengan perkembangan kegiatan kepramukaan di masa adaptasi kebiasaan baru, seluruh pengurus dan anggota pramuka untuk kembali bergiat dan optimis, serta memiliki keinginan kuat untuk bangkit dari keterpurukan.

Widya menjelaskan, tujuan Gerakan Pramuka sebagai pendidikan non formal, dibedakan atas dua macam. Pertama, membentuk watak, kepribadian dan pekerti kaum muda yang tangguh sebagai kader bangsa pada masa depan. Untuk itu menanamkan sejumlah nilai-nilai, seperti yang tercantum dalam Trisatya dan Dasa Darma.

Baca Juga  Bertemu Gubernur, Utusan Khusus Presiden Republik Seychlles Tawarkan Kerjasama Pariwisata

“Kedua, meningkatkan kecakapan hidup kaum muda untuk bekal kehidupan di masa depan. Untuk itu, melalui pelatihan yang sarat dengan sejumlah nilai kecakapan dan keterampilan, diberikan kepada peserta sesuai tingkat dan jenjang keanggotaan berorientasi pada kebutuhan peserta didik. Menjadi harapan kita bersama, kiranya kedua tujuan diatas dapat dicapai dengan sebaik-baiknya,” jelasnya.

Widya, lalu mengajak Pramuka Maluku bertekad menyelenggarakan dengan sebaik-baiknya semua upaya, untuk mewujudkan sasaran yang ingin dicapai Gerakan Pramuka sehingga harapan dilaksanakannya Revitalisasi Gerakan Pramuka, yakni mantapnya organisasi serta terlaksananya fungsi Gerakan Pramuka dapat tercapai.

UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka pada Pasal ke 4 disebutkan, Gerakan pramuka bertujuan membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup,” tutup Widya.

Rakornis ini dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandi Wattimena, para anggota Kwarda Maluku dan lainnya. (Biro Adpim Setda Maluku).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed