by

Nel Lopies Selsily Dinobatkan Sebagai Ina Duta Parenting Bursel.

-Daerah-149 views
Link Banner

Namrole, Demokrasu Maluku : Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Ny Cornelia (Nel) Selsily, Istri Wakil Bupati dinobatkan sebagai Ina Duta Parenting Kabupaten Buru Selatan (Bursel), oleh Ketua Ina Ama Duta Parenting Maluku yakni, Istri Gubernur Maluku, Ny Widya Pratiwi Murad , Kegiatan itu berlangsung di Gedung Serbaguna Kamis 11/11 2021.

Rapat Koordinasi terpadu dalam rangka upayah mempercepat penurunan stunting berlangsung di Gedung Serbaguna, selain menghadirkan Ketua Duta Ina Ama Maluku dan rombongan, juga hadir Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bursel, Hj Safitri Malik Soulisa – Gerson Eliaser Selsily, Ketua TP PKK Bursel bersama anggota, Anggota DPRD, pimpinan OPD Maluku dan Bursel, Para Kades, tokoh Adat, Agama dan tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Duta perangi stunting Widya Pratiwi Murad Dalam Sambutan Mengatakan, sebelumnya di tahun 2019 kemarin saya sudah mengunjungi Tiga Kabupaten Lokus stunting di Maluku diantaranya, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulawan Aru.

Dengan dikukuhkan Ina Ama Parenting Kabupaten Bursel Kata Widya, artinya Ibu sebagai anugrah terindah bagi seorang wanita yang mampu mempererat tali ikatan suatu kekeluargaan besar untuk mencapai satu tujuan.

Untuk itu Keluarga besar Pemda Bursel Ajak Widya, Masing masing sektor diharapkan memainkan peranan untuk memutuskan dari banyak anak- anak kita yang bermasalah Gizi kurang dan stunting dengan adanya Tambahnya, Dua orang ibu di Kabupaten Lolik Lalen Fedak Fena yakni, Ibu Bupati dan Ina Parenting yang akan berperan melawan stunting kita dan Kita harapkan Kabupaten Bursel akan dapat membawa anak- anak di Bumi Fuka Bupolo, menyonsong masa depan yang gemilang.

Bupati Bursel, Hj Safitri Malik Soulisa Dalam Sambutan Mengatakan, Stunting dalam bahasa Indonesia disebut anak kredil, yang merupakan suatu kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan fisik dan otak yang terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan menjadi penting, karena sangat menentukan masa depan anak tersebut.

Baca Juga  Dinas Komimfo Bursel Siapkan 47 Menara Dan Wi-Fi.

Anak yang menderita stunting Kata Bupati, pada masa dewasa akan resiko mengalami sebagai jenis penyakit seperti Hipertensi, Diabetes, Penyakit jantung dan lain sebagainya, bahkan stunting dapat mempengaruhi pada produktifitas dan kualitas SDM dimasa akan datang” Ujar Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Bursel ini.

Menurut Hj Safitri, Keputusan Kementrian perencanaan pembangunan nasional/Kepala Bapenas nomor Kep 10/ M.PPN/HK/02, Bursel kemudian ditetapkan sebagai Lokasi Fokus (Lokus) tahun 2022 untuk penurunan stunting bersama dengan 153 Kabupaten Kota yang lain dalam wilayah Promal.

Ditambahkan, Dalam rangka penurunan stunting khusus untuk daerah Bursel, bahkan sampai mengunjungi desa Lukus tahun 2022 nanti dintaranya, Desa Tifu dan Desa Waemala Kecamatan Leksula.
,
Kabupaten Bursel dan selanjutnya, dengan semangat yang sama pun telah Kami kobarkan semenjak Kami Berdua, pak Gerson dan Saya dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026 dengan program “ Bursel Turunkan (kase turun) Stunting,”.

“Kami yakin dapat menurunkan angka Stunting di Kabupaten Kami” Ungkap. (AK)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed