by

Musrembang RPJMD Bursel Resmi Dibuka Bupati

Link Banner

NAMROLE, Demokrasi Maluku : Musayawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021- 2026 Resmi dibuka Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Hj Safitri Malik Soulisa Senin 1/11 2021.

Pelaksanaan Musrembang RPJMD di gelar di Lantai II Aula Kantor Bupati, diikuti Jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) baik itu esalon II, III dan IV termasuk Instasi Vertikal, DPRD serta Ketua dan anggota tim penyusun RPJMD dari Provinsi Maluku.

Safitri Malik Soulisa Bupati Kabupaten Bursel Dalam Sambutan Mengatakan, mari bersama meningkatkan kemandirian Bursel secara berkelanjutan sebagai Kabupaten yang Rukun, Adil dan Sejahtera berbasis Agro Marine dan didukung dengan Tujuh Visi dan Misi.

Ke Tujuh Visi dan Misi itu Lanjut Bupati, Memperkuat sektor Perhubungan, Pembentukan pusat pengembangan produksi Perikanan dan Pertanian, Penguatan usaha mikro kecil dan menengah, Pengembangan sektor pendidikan,

Perluasan aksesa kesehatan yang berkualitas, Penguatan adat dan budaya dan nilai kearifan lokal dan seterusnya Penguatan tata kelola pemerintahan yang efektif profesional dan bersih dari KKN.

Sementara terpisah pimpinan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan(Bappeda) Kabupaten Bursel, Hi Kader Tuasamu, S. Sos, Msi Mengatakan, Musrembang RPJMD yang di gelar hari ini merupakan pembahasan rancangan awal.

“Tadi Kami dari jajaran Pemda dan Instansi Vertikal maupun DPRD yang didampingi Bupati dan wakil Bupati Hj Safitri Malik Soulisa – pak Gerson Eliaser Selsily melaksanakan pembahasan RPJMD,” Ujar Tuasamu.

Selanjutnya kata Tuasamu, esok Selasa 2/11, pembahasan RPJMD akan dilanjutkan kembali untuk mepertajam apa yang tadi dibahas, sehingga dokumen rancangan awal RPJMD akan menjadi rancangan akhir Kabupaten Bursel tahun 2021- 2026.

Ditambahkan Tuasamu, Setelah itu hasil rangkuman itu akan dirampungkan dan diperbaiki untuk selanjutnya disampaikan kepada pihak DPRD Kabupaten Bursel untuk nantinya dilakukan pembahasan bersama antara pihak Eksekutif dan pihak Legislatif dalam rangka menentukan dan menetapkan bersama sebagai Peraturan Daerah (Perda) RPJMD Kabupaten ini.

Baca Juga  DPRD Bursel Gelar Paripurna Penyampaian LPJ Bupati Tahun 2020

Kemudian, setelah pihak eksekutif dan Legislatif menyepakati hasil dari RPJMD, maka tahapan selanjutnya Kata Tuasamu, RPJMD tahun 2021- 2026 Bursel yang sudah ditetapkan bersama DPRD itu akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku untuk selanjutnya di evaluasi.(Adam KIat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed