by

Hadiri Pembukaan Musyawarah MPP-AMGPM 33

-Daerah-125 views
Link Banner

Bupati Thaher Harapkan GPM Terus Bertumbuh Sebagai Komunitas Yang Tetap Menjaga Ajaran Iman Dan Cinta Kasih

Malra : Demokrasi Maluku : Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun menghadiri Musyawarah Pimpinan Paripurna (MPP) AMGPM di Ohoifau Kei Besar Utara Timur Minggu (24/10/2021).

Dalam sambutannya Bupati Malra M.Thaher Hanubun berharap melalui kegiatan AMGPM tersebut Gereja Protestan Maluku semakin bertumbuh sebagai sebuah komunitas cinta kasih untuk menjaga ajaran iman dan Persaudaraan sejati.

Mengawali sambutanya Bupati Thaher menyampaikan bahwa dirinya atas nama pemerintah daerah dan seluruh Masyarakat Kabupaten Maluku Tenggara, mengucapkan Selamat datang kepada tamu undangan serta seluruh peserta musyawarah MPP Ke-33 Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku Tahun 2021 di bumi Larwul Ngabal.

“Sungguh menjadi suka cita besar dan kebanggan bagi kami seluruh masyarakat evav, karena di Ohoi ini, berkumpul sekian banyak Kader-kader Muda dan pribadi – pribadi hebat Gereja Protestan Maluku dari seluruh Wilayah Pelayanan GPM di Provinsi Maluku dan Maluku Utara”.

Pada kesempatan yang baik ini, izinkan saya menyampaikan beberapa hal penting untuk kita semua.

Pertama : Bahwa Fokus Pembangunan Daerah Kabupaten
Maluku Tenggara tahun 2018 sampai 2023, membangun Pulau Kei Besar. Hal ini semakin dikuatkan dengan Penetapan Pulau Kei Besar sebagai wilayah Perbatasan Negara, Pulau kecil terluar dan Kawasan strategis nasional tertentu (KSNT).

Serta Penetapan 4 Kecamatan di Pulau Kei Besar sebagai Lokasi Prioritas (LOKPRI);Khusus untuk jalan dan jembatan, sesuai amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020, ditetapkan pembangunan Jalan Trans Pulau Kei Besar sebagai Major Project RPJMN 2020-2024 sepanjang 101,6 Km. Sampai dengan Tahun 2021, baru terealisasi sebesar 10,28 Persen.

Pada kesempatan yang sama Bupati Thaher memintah kepada anggota DPR Propinsi Maluku yang hadir untuk Pembangunan infrastruktur di Kei Besar.

Baca Juga  Bangun Tali Persaudaraan, Kadis Pendidikan Bursel Gelar Buka Puasa Bersama.

“Di kesempatan yang baik ini, saya titipkan pembangunan infrastruktur wilayah, dan khususnya pembangunan Jalan Trans Pulau Kei Besar, kepada Anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten, serta kepada Bapak-Ibu Anggota DPR RI yang berkesempatan hadir di tengah – tengah Kita di hari ini.”

Kedua: dalam hal pembinaan umat, pemerintah daerah terus berupaya mendorong peningkatan sumber daya manusia yang salah satunya melalui Pembinaan Lembaga keagamaan.

Upaya yang dilakukan antara lain melalui fasilitasi penyediaan sarana dan prasarana keagamaan, bantuan hibah sarana ibadah serta penguatan kelembagaan dan organisasi.

Dalam hal fasilitasi keagamaan, pada periode 2019 s.d 2021, pemerintah daerah memberikan bantuan keagamaan kepada Gereja Protestan Maluku yaitu :
• Tahun 2019: Rp3.730.000.000,00 (3,73 milyar Rupiah)
• Tahun 2020: Rp4.175.000.000,00 (4,17 milyar Rupiah) dan
• Tahun 2021: Rp7.185.000.000,00 (7,18 milyar Rupiah)
Termasuk dalam periode ini juga pada tahun 2020 mulai dibangun Gedung Pesparawi dengan anggaran Rp 8.050.000.000,00 untuk pembiayaan Multiyears. Mohon doa dan dukungan Kita semua, semoga tidak ada aral melintang, Gedung Pesparawi dapat diresmikan dalam akhir tahun 2021 ini.

Bupati juga meminta kesediaan Ketua Sinode untuk meresmikan Gedung Pesparawi Maluku Tenggara yang sementara dibangun.

“Mohon kesediaan yang terhormat Ketua Majelis Pekerja Harian Sinode Gereja Protestan Maluku berkenan hadir untuk turut meresmikan Gedung Pesparawi Kabupaten Maluku Tenggara”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Bupati Thaher juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh umat Gereja Protestan Maluku yang telah turut membangun dan merawat toleransi di Kabupaten Maluku Tenggara. Juga dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Pimpinan Paripurna AMGPM tahun ini, koordinasi dan kerja sama yang dibangun sangat baik.

Dukungan dari berbagai pihak, khususnya umat muslim dan
umat katolik juga patut di apresiasi, ini sekaligus menunjukkan adanya toleransi dan sikap saling menghormati yang tetap terjaga serta menjadi ciri khas kehidupan orang evav.

Baca Juga  Widya : Sampah Masih Dipandang sebagai Barang Sisa tak Berguna

Selanjutnya saya ingin mengutip Injil Matius, Pasal 5 Ayat 16, yang berbunyi: Demikianlah hendaknya terang mu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat
perbuatanmu yang baik, dan memuliakan Bapa-mu yang
di surga.

Lalu ada kutipan yang perlu saya sampaikan, JANGAN
TAKUT (untuk berbuat baik).Ketika kita berbuat baik kepada masyarakat di tanah ini, maka pasti banyak orang menyindir, memfitnah bahkan ingin melenyapkan kita.

Tapi hari ini firman Tuhan menguatkan Kita: Sebab orang-orang yang berbuat jahat akan dilenyapkan, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan Tuhan akan mewarisi negeri. Mazmur 37 Ayat 9.

Kebenaran akan muncul dan orang benar dan baik, akan hidup mewarisi semua yang kita lakukan hari ini. selamat bermusyawarah. Kamu adalah Garam dan Terang Dunia.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed