by

Widya Murad Ismail Lantik Pengurus Dekranasda Kota Ambon

Link Banner

AMBON- Demokrasi Maluku : Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail, Senin (18/10/2021), resmi melantik Pengurus Dekranasda Kota Ambon Sisa Masa Jabatan Periode 2017-2022, bertempat di Pattimura Park.

Turut hadir dalam acara pelantikan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy,

Ketua Dekranasda Kota Ambon, Leberina Louhenapessy, Kapolresta PP Ambon dan PP Lease, Kombes Pol Leo Surya Nugraha Simatupang, Dandim 1504, Kol. Inf. D.C. Soumokil, Kepala Bank BI, Noviarso Manulang Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru serta sejumlah Pimpinan OPD baik provinsi maupun kota ambon.

Ketua Dekranasda Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail dalam sambutannya mengatakan, pelantikan pengurus Dekranasda Kota Ambon, hendaknya dipahami sebagai langkah awal organisatoris untuk memulai kiprah dalam berkarya, demi menumbuhkan dan mengembangkan industri kerajinan menuju kesejahteraan masyarakat di Kota Ambon.

“Selanjutnya kepada ketua dan pengurus yang baru saja dilantik sisa masa jabatan periode 2017-2022, saya mengucapkan selamat mengemban amanah mulia ini, semoga dengan kerja keras melalui koordinasi dan kolaborasi bersama pemerintah provinsi, pemerintah kota dan stakeholder lainnya dapat menciptakan perajin-perajin yang tangguh dan mampu menjadi garda terdepan dalam konteks permberdayaan industri kerajinan demi mewujudkan jati diri masyarakat sebagai modal utama dalam pembangunan di Maluku lebih khusus Kota Ambon,” harap Widya.

Isteri Gubernur Maluku ini pun berpesan, setelah pelantikan ini, tugas utama yang harus dilakukan oleh ketua dan pengurus Dekranasda Kota Ambon adalah melaksanakan rapat kerja daerah sebagai amanat konstitusi Dekranas tahun 2020.

Tugas utama ini, sebut Widya, menjadi prioritas dalam menjalankan amanah sebagai ketua dan pengurus Dekranasda Kota Ambon.

Lanjut Widya, acara pelantikan ini, membuktikan komitmen dan konsistensi Dekranasda Provinsi Maluku untuk terus mendorong, mendukung gerakan pemberdayaan dan pengembangan industri kerajinan sebagai gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, demi terwujudnya kesejahteraan dan kemandirian industri kerajinan di daerah.

Baca Juga  Widya : Saya Punya Cita-Cita Menghimpun Generasi Muda Penenun di Maluku

Widya lantas mengingatkan terkait dalam menetapkan program kerja untuk sisa masa jabatan 2017-2022 ini, tetap berlandaskan pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dekranas tahun 2020, agar program dan kegiatan yang nantinya disusun dan ditetapkan harus memberikan sentuhan dari penjabaran terhadap visi dan misi Pemerintah Kota Ambon.

Sehingga pola kemitraan antara Dekranasda dan Pemerintah Kota Ambon dapat terus terjalin dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hidup para pelaku industri kerajinan, dengan tetap memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang berada di kecamatan, desa dan kelurahan sebagai modal sosial-ekonomi.

Pada konteks inilah, kata Widya, Dekranasda sebagai wadah berhimpun pelaku industri kerajinan perlu mendapat sentuhan melalui pembinaan, pendampingan secara masif dan berkelanjutan bagi peningkatan produktivitas pelaku industri kerajinan di kota Ambon.

“Disinilah dibutuhkan tekad dan komitmen yang teguh dari ketua dan pengurus Dekranasda demi kemajuan industri kerajinan di Kota Ambon, bagi penciptaan iklim usaha, penyerapan tenaga kerja produktif, meningkatnya nilai produksi dan investasi, yang pada akhirnya bermuara pada kesejahteraan hidup pelaku industri kerajinan,” harap Widya.

Untuk itu, Widya berharap, melalui momentum pelantikan pengurus Dekranasda ini, harus dijadikan motivasi dan inspirasi bagi para pelaku industri kerajinan untuk terus meningkatkan produktivitas kerja, terutama dalam menghadapi persaingan global yang sangat kompetitif.

Pada kesempatan itu, Widya juga menyampaikan apresiasi telah dibangunnya gedung Dekranasda Kota Ambon. Dirinya berharap kepada Ketua dan Pengurus Dekranasda Kota Ambon dapat menjadikan gedung tersebut sebagai tempat

pembinaan pelaku industri kerajinan dan sebagai media promosi produk-produk industri kecil menengah yang berada di kota Ambon.

Selain itu pula, gedung Dekranasda Kota Ambon ini diharapkan menjadi sarana dalam membantu dan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku industri kerajinan, dan mendukung pengembangan sektor pariwisata di kota Ambon khususnya dalam menyediakan souvenir bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Ambon.

Baca Juga  Tiga Keistimewaan Banda pada Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir 2021

“Terima kasih dan penghargaan juga saya sampaikan kepada Pemerintah Kota Ambon, yang telah memberikan perhatian dan sumbangsihnya kepada Dekranasda dan para pelaku industri kerajinan dalam berkiprah bagi pengembangan industri di kota ini,” tandas Widya (Biro Administrasi Pimpinan Setda Maluku)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed