by

TP-PKK Maluku Bakal Gelar Rapid Antigen Untuk Masyarakat

Ambon, Demokrasi Maluku : TP PKK Provinsi Maluku berencana menggelar antigen cepat untuk masyarakat umum di Kota Ambon, akan berlangsung (27/02/2021), di lapangan Tahapary milik Polda Maluku di Tantui, demikian keterangan Ketua TP.PKK Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail, pada konfrensi Pers yang digelar, Senin (15/02/2021), di Gedung PKK Mardika Ambon.

Menurutnya, antigen cepat dilakukan atas kerja sama TP.PKK Maluku dengan Satgas covid 19 provinsi Maluku. Direncanakan Rapid akan dilakukan untuk 2.000 masyarakat, lebih di prioritaskan kepada pengemudi (angkutan) umum dan tukang ojek.

Lebih diutamakan bagi pengemudi dan ojek karena mereka dapat bertemu dengan masyarakat terutama bagi penumpang, yang mereka angkut ketika bekerja.

Menurut Widya, pihaknya melakukan hal ini guna membantu masyarakat untuk mengecek kesehatannya, apakah mereka sehat ataukah seperti apa?. Selama ini sebagian masyarakat yang takut dengan rapid maupun swap.

“Kita akan melakukan tapi sebelumnya masyarakat akan di edukasi, tentang pentingnya,” demikian Widya.

Masyarakat melayani untuk tidak takut dan ragu-ragu untuk melakukan cepat, karena dengan cepat akan diketahui keadaan kesehatan seseorang.

“Kalau memang kedapatan negatif berarti sehat tapi kalau posotif maka kan lanjut sengan swap dan tindakan selanjutnya yakni karantina baik mandiri atau di tempat-tempat karantina yang disediakan pemerintah”.

 

Ketika karantina maka akan ada, obat – -obatan atau makanan bergizi yang diberikan, ketika sehat maka kembali dan lakukan aktivitas seperti biasanya, remikian Widya.

Antigen cepat tidak saja dilakukan di kota Ambon tapi juga di kabupaten lain; untuk waktu dekat akan dilakukan di Malra lewat TP PKK kabupaten.

Malra dipilih karena Malra memiliki dasa wisma pfa seluruh desa dengan demikian mudah untuk bangun jejaring sampai pada tingkat bawah, demikian Widya.

Harapan saya dengan cepat, masyarakat menyadari bahwa hidup sehat dan terjaga kesehatannya.

 

Baca Juga  Desa Unggulan Jadi Program Prioritas SMS-GES

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed