by

Masyarakat Indonesia Diminta Waspada Terhadap Bencana Banjir

-Ambon-313 views
Link Banner

Ambon, Demokrasi Maluku:   Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat Indonesia meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana di Indonesia terutama bencana banjir.

Menurut BMKG, sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki puncak musim hujan dengan kemungkinan terjadi cuaca ekstrem.

“Perlu diwaspadai bencana bencana banjir, yang kemungkinan bisa dalam waktu dekat,” kata Deputi BMKG Bidang Meteorologi Guswanto dalam tulisan tertulis yang diterima Redaksi di Jakarta, Selasa. (19/01/2021).

Ada Potensi Peningkatan Multirisiko Bencana Dengan adanya potensi cuaca ekstrem tersebut, berdasarkan analisis yang terintegrasi dari data BMKG, PUPR dan BIG, perlu diwaspadai daerah yang diprediksi kejadian banjir kategori menengah pada Dasarian III (10 hari ke-3) Januari 2021 yaitu Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah dan timur, sebagian besar Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur bagian tengah dan timur. Selain itu, Bali bagian utara, Nusa Tenggara Barat bagian utara, sebagian kecil Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah bagian tenggara, Sulawesi Selatan bagian selatan, Sulawesi Tenggara bagian utara, Maluku Utara dan Papua Barat bagian “Kepala Burung”, dan Provinsi Papua bagian tengah .

Guswanto mengemukakan, informasi potensi banjir kategori menengah hingga tinggi untuk 10 hari ke depan tersebut ,, sebagai upaya mitigasi agar menjadi perhatian dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi banjir, longsor, dan banjir bandang.

BMKG mencatat saat ini sebagian besar wilayah Indonensia, yaitu 94 persen dari 342 zona musim telah memasuki musim hujan. Wilayah yang sudah memasuki puncak musim hujan tersebut, terutama Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, hingga Nusa Tenggara Barat “,

Baca Juga  Brimob banjiri kawasan Galala dengan cairan disinfektan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed