by

Wakapolda Maluku Hadiri Rakor Terpusat, Mendagri Harap Pilkada Aman dan Bebas Covid

-Hukrim-211 views
Link Banner

Ambon, Demokrasi Maluku : – Wakapolda Maluku Brigjen Pol Drs. Jan de Fretes menghadiri rapat koordinasi (rakor) kesiapan pemungutan suara Pilkada 2020 yang dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn) M. Tito Karnavian.

Rakor secara virtual diikuti Wakapolda Jan de Fretes di ruang kerjanya, Markas Komando Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (8/12/2020). Turut hadir Perwakilan Direktorat Intelkam, Kabag Dalops Biro Ops dan Kabag Wasidik Direktorat Reskrimum Polda Maluku.

Dalam rakor virtual meeting tersebut masing-masing instansi terkait, melaporkan kesiapan pelaksanaan pemungutan suara yang akan dihelat pada Rabu (9/12/2020) besok.

Mendagri dalam arahannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh instansi terkait yang sudah bekerja keras. Sehingga tahapan pilkada kini melewati masa kampanye sampai masa tenang.

“Kami mengapresiasi tinggi kepada Bawaslu dan aparat keamanan khususnya Polri, TNI dan Satpol PP yang telah mengambil tindakan tegas terhadap pelanggar Pilkada serentak 2020,” kata Tito.

Mantan Kapolri ini berharap tahapan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 dapat berjalan aman dan lancar. Diantaranya aman dari potensi gangguan konvensional baik kekerasan, konflik, dan sejumlah gangguan lainnya.

Tito juga meminta semua instansi terkait agar dapat bersama mencegah penularan Covid-19. Sehingga Pilkada tidak menjadi media penyebaran virus pandemi tersebut.

Tak hanya itu, Tito juga  menekankan kepada pihak penyelenggara pemilu agar tetap memperkuat koordinasi dengan instansi terkait dalam puncak pelaksanaan Pilkada.

“Menghimbau kepada pasangan calon untuk tidak melakukan tindakan pelanggaran serta menghimbau agar tidak ada kerumunan dalam bentuk deklarasi dan konvoi yang bisa menjadi media penularan Covid-19,” tegasnya.

Untuk diketahui, hadir dalam rakor terpusat tersebut yakni Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Ketua DKPP RI, Deputi Bidang II Dalam Negeri BIN, Asops Kapolri, Asops Panglima TNI, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Kepala BNPB RI, Gubernur dan Forkopimda seluruh Indonesia. Turut hadir dalam rapat diantaranya Bupati/Wali Kota, Kapolres, Dandim dan Kejari seluruh Indonesia. (POLDA MALUKU)

Baca Juga  Penyidik ​​Polres Malteng Tahap II Kasus Korupsi DD dan ADD Karlutukara

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed