by

Sinergi Program ; TP PKK Maluku Gelar Rapat Konsultasi

-Ambon-71 views

Ambon, Demokrasi Maluku: Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku Senin (30/11/2020) menggelar Rapat Konsultasi (RAKON), berlangsung di lantai tujuh (7) kantor gubernur Maluku.

Peserta terdiri dari 47!orang TP Provinsi Maluku dan 63 orang TP PKK Kabupaten/kota se Maluku . Hadir dalam acara pembukaan sekaligus memberikan sambutan dan membuka dengan resmi acara RAKON asisten tata pemerintahan (asisten satu (1) Provinsi Maluku Ir. F. Papilaya mewakili gubernur Maluku.

Maksud dari pelaksanaan Rakon ; untuk meningkatkan kualitas dan memantapkan pelaksanaan gerakan PKK dalam era otonomisasi , menuju Maluku yang aman dan sejahtera, sedangkan tujuan Rakon adalah : mengsinergikan TP.PKK Provinsi Maluku dengan Kabupaten/Kota se Maluku terkait gerakan PKK dan pelaksanaan 10 program pokok PKK serta administrasi PKK.

Ketua TP.PKK Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad Ismail mengawali sambutannya dengan ucapan syukur kepada Tuhan yang maha esa dan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada hadirin terkhusus ibu2 TP.PKK dari kabupaten/kota se Maluku.

Selanjutnya Widya katakan, “sejalan dengan visi dan misi gerakan PKK maka melalui RAKON ini,” saya mengajak kita semua, bekerjasama bahu-membahu membangun keluarga sejahtera dan bahagia di provinsi Maluku”.

Menurut dia, sekalipun dalam kondisi covid 19 namun TP PKK Provinsi Maluku maupun kabupaten/kota tetap melakukan berbagai program, yang dimplementasikan dalam empat (4) Pokja,

Pokja I yakni : Pokja Program penghayatan dan pengamalan pancasila dan gotong royong , dilakukan kegiatan arisan, pengajian dan pembagian sembako bagi masyarakat terdampak covid 19.

Pokja II ; Program pendidikan, ketrampilan dan kehidupan berkoperasi diimplementasikan dalam kegiatan pembinaan PAUD pada tiga (3) PAUD inisiasi 0-3 tahun di tiga (3) Pos Yandu binaan TP PKK Maluku dan kunjungan ke PAUD di beberapa kabupaten/kota. Untuk kehidupan berkoperasi ; sosialisasi UP2JPKK,

Baca Juga  Brimob Maluku laksanakan patroli Harkamtibmas sembari edukasi adaptasi kebiasaan baru

Untuk Pokja III : program pangan, sandang, papan dan tata laksana rumah tangga berupa program kebun percontohan PKK hidroponik, pembagian alat pengelolaan pangan lokal di beberqpa kabupaten/kota, dana stimulan untuk pemberdayaan pangan lokal di kabupaten/kota serta teknologi tepat guna ikan asap cair.. Untuk sandang, bekerjasama dengan Dekranasda Mluku mempromosikan kain tenun asli Maluku.

Pokja IV : kesehatanm kelestarian lingkungan dam perencanaan sehat. TP PKK Provinsi Maluku bekerjasama dengan dinas kesehatan provinsi Maluku mengukuhkan Duta Parenting Provinsi Maluku dan kab/kota bertujuan untuk potong pele stunting (mencegah stunting), untuk kegiatan ini di tahun 2020 dilakukan di tiga (3) kabupaten , kunjungan ke pos yandu, kunjungan pada anak anak dan mampuorang tua tak mampu dan mengalami masalah kesehatan serius .

Untuk kelestarian lingkungan hidup TP PKK bekerjasama dengan dinas lingkungan hidup provinsi Maluku untuk edukasi pengelolaan sampah dan juga debrak oemberian masker sesuai arahan presiden.

Lebih jauh Widya katakan, ada beberapa kegiatan yang belum dapat dilakukan optimal karena kondisi geografis serta keterbatasan sumberdaya .

Diakhir sambutannya, Widya berharap melalui RAKON TP tahun 2020 , secara efektif dan efisien semua bekerja , meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan gerakan PKK di semua jenjang, juga saling bertukar informasi dan pengalaman dari masing-masing daerah.

Sebagai pemateri dalam acara tersebut : Ketua TP PKK Maluku Ny, Widya Murad Ismail, Ketua Harian Dekranasda Maluku Elvis Pattiselanno yang juga Kadis Perindag Maluku, Dari unsur BAPPEDA Provinsi Maluku dan Ny. Mirta Pontoh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Maluku.

Acara tanya jawan berjalan lancar , ada beberapa usul saran dari Pengurus PKK Kabupaten/kota terkait diversifikasi kain tenun bukan saja untuk fashion tapi juga untuk pernak-pernik alat rumah tangga,  corak tenun sebaiknya mengangkat budaya 11 kabupate/kota,  yang diusulkan oleh Ny, Venda Pical Pengurus TP PKK Kota Ambon.

Baca Juga  Isteri Gubernur Serahkan Bantuan Tali Asih Bagi ASN Gol I dan II

Memasukan ketrampikan tenun dan tarian khas Maluku dalam kurikulim sekolah di Provinsi Maluku yang diusulkan oleh Wakil Ketua TP PKK Maluku Tengah Ny. Leleury ( istri wakil bupati ) Kabupaten Maluku Tengah  (Ritta.Lekatomoessy).

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed